Breking News

Saku 31 M Soukotta di Vonis 4 Tahun Penjara Kasus Jalan Rambatu, Inamosol

lensaperistiwa.com – Ambon

Kasus korupsi jalan lintas pembanguan Desa Rambatu Kecamatan Inamosol Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) masuk tahap persidangan dengan terdakwa Soukotta ia di vonis 4 tahun penjara, dengan anggaran yang di pergunakan bekisar Rp 31 Milyar yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2018 tersebut telah di cairkan.

Proses sidang yang di agendakan majelis hakim Rahmat, di dampingi dua hakim anggota yang di agendakan pembacaan putusan pada Pengadilan Negri Ambon Kamis, (02/05/2024).

Dalam proses persidangan berlangsung Majelis Hakim menilai terdakwa Soukotta terbukti secara sah melakukan manipulasi anggaran 13 M yang telah menguras keuangan negara dengan mengunakan anggaran APBD tahun 2018. Ia di yakinkan majelis hakim bersalah sebagaimana diatur dan diancam pidana pasal 3 jo Pasal 18 Undang Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) yang telah diubah
dengan, Undang – Undang RI Nomor 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan atas Undang Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 ayat (1) ke 1 KUHPidana.

“Menjatuhkan pidana kepada terdakwa selama 4 tahun di sertai denda Rp 400 juta dengan ketentuan sebagai berikut apabila denda tersebut tidak dibayar atau kah tidak dapat diganti maka penambahan pidana kurungan selama 3 bulan penjara.”

Awalnya Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Joris Soukotta dituntut 3 tahun penjara serta denda Rp 300 juta subsider 3 bulan penjara oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejati Maluku yang mewakili Kejaksaan Negeri SBB.

Proyek tersbut di kerjakan oleh PT Bias Sinar Abadi itu, masih berupa jalan tanah. Dengan anggaran mentafsir Rp 31 miliar. Terhitung sejak 27 September 2018 samapi sekarang ini jalang tersebut masih bermaslah dengan kondisi hancur parah di sebapkan banjir.(*)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *