Breking News

Ratusan Personel polres musirawas di siagakan dalam Operasi Ketupat Musi 2024

lensaperistiwa.com – Musirawas

Ratusan personel gabungan yang dikomandoi, Polres Musi Rawas (Mura), Pemda Mura, Kodim 0406 Lubuklinggau, Batalyon B Pelopor Petanang Satuan Brimob Polda Sumsel, Subdenpom II/4-5 Lubuklinggau dan Senkom Mitra Polri, diterjunkan dalam rangka pengamanan Operasi Ketupat Musi 2024, dalam rangka Pengamanan Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah/Tahun 2024.

Pada tahun 2024 ini, Operasi Ketupat Musi 2024, Polres Mura bersama Forkompinda, mendirikan empat pos diantaranya, tiga pos pengamanan (Pam), dan satu pos Pelayanan (Yan), diantaranya, Pos Pam Simpang Semambang Tuah Negeri, Pos Pam Danau Aur Sumber Harta dan Pos Pam Simpang Kasgoro STL Ulu Terawas dan Pos Yan Pasar B Srikaton Tugumulyo, dilengkapi pemasangan CCTV di lokasi pos pam serta pos yan dan tempat rawan yang dilalui para pemudik.

Selain itu, ada yang berbeda ditahun sebelumnya, pada tahun ini bertepatan pelaksanaan Operasi Ketupat Musi 2024, Polres Mura, menerima penitipan kendaraan pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik, guna mencegah terjadinya tindak kriminalitas pencurian.

Pernyataan tersebut diungkapkan, Kapolres Mura, AKBP Andi Supriadi SH, SIK, MH, didampingi, Wakapolres, Kompol Harsono SH, Kabag Ops, Kompol Tony Saputra SIK, Kabag SDM, Kompol Edy Putra Jaya S.Pd, Kasat Narkoba, AKP Muhammad Romi SH, Kasat Intelkam, AKP Rudi Hartono, Kasi Humas, AKP Herdiansyah dan Pasi Ops Batalion Brimob B Pelopor (Petanang) Polda Sumsel, AKP Antoni.

“Pelaksanaan, Operasi Ketupat Musi 2024, dilaksanakan selama 13 hari, dimulai, Kamis (4/4/2023), hingga, Sabtu (16/4/2023), dengan kekuatan personil kita (Polres Mura), Polri dengan stakeholder terkait, dengan jumlah 257 personel, untuk personel Polres Mura berjumlah 109 personel, sisanya 148 personel gabungan stakeholder terkait,” kata Kapolres

Kapolres menjelaskan, Polres Mura, telah mendidirikan empat pos diantaranya tiga pos pam dan satu pos yan, salah satunya, pos pam yang ada di Terawas, didirikan pos tersebut terletak di jalur lintas antara Kabupaten Muratara, Lubuklinggau dan Kabupaten Mura, serta antar provinsi Jambi, yang merupakan Jalan Lintas Sumatera.

Pos pam Simpang Semambang Tuah Negeri, sengaja didirikan di situ karena jalur lintas dari Palembang-Sekayu dan dari Palembang-Pali, lalu Pos yan di Pasar B Srikaton Tugumulyo, yang memang di sana padat penduduk, padat aktivitas termasuk juga di sana ada pasar.

“Dan, terakhir pos pengamanan di Danau Aur, kita lakukan dengan stakeholder terkait, dimana sebelumnya sudah kita pantau fasilitasnya sangat siap dan kita minta nanti pada hari lebaran dan pasca lebaran, pasti akan ramai sekali masyarakat, maka dihimbau akan berwisata untuk menjaga ketertiban, menjaga keamanan, kenyamanan jangan sampai nanti berwisata di sana, berdesak-desakannya nanti menimbulkan kerugian material dan hal-hal yang tidak diinginkan hingga terjadinya korban jiwa, oleh sebab itu kami terus mengajak masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas,” papar suami Ny Meita Andi.

Lebih lanjut, Kapolres juga menghimbau, kepada seluruh pemudik yang akan melakukan perjalanan mudik lebaran, kiranya untuk melakukan meninggalkan rumah dalam kondisi yang aman terkunci, begitu juga aliran listrik beserta tabung gas yang sudah dicabut dan akan lebih baik menitipkan rumah dengan tetangga ataupun ketua RT.

“Dan kami juga menerima penitipan kendaraan bagi masyarakat yang akan mudik, namun kendaraanya tetap disertai surat-surat kendaraan, nantinya jangan sampai juga nanti kendaraan yang dititipkan kendaraan hasil curian kepada kita,” ucap AKBP Andi sapaanya.

Kembali, Kapolres menjelaskan, terkait mengenai jembatan antara Kecamatan BTS Ulu, Mura, menuju Kabupaten Pali, tetap tidak menyarankan sampai hari ini walaupun ini sudah dilakukan perbaikan, secara darurat, sudah disurvei oleh Dinas PU Bina Marga Provinsi, ditambah lagi telah melaksanakan rapat terbaru bersama Pemda Mura, melibatkan kita juga dipendopoan akan dilakukan perbaikan secara jangka pendek oleh PT Pertamina dan PT Medco.” tutupnya. (WIM)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *