Breking News

29 November, DPRD Maluku Lakukan Pemilihan 3 Nama Bacalek Pj Gubernur Maluku

lensaperistiwa.com – Ambon 

DPRD Provinsi Maluku akan menggelar pemilihan 5 (lima) nama Bakal Calon (Bacalek) Pj Gubernur Maluku yang akan di berikan kepada Presiden RI lewat Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) ke 5 (lima) nama tersebut yang masuk dalam bursa pendaftaran penjaringan Bacalek Pj Gubernur Maluku antaralain, Mantan Rektor Universitas Pattimura Ambon Prof. DR Martinus J Sapteno SH.MHum, Rektor IAIN Ambon Dr. Sainal Abidin Rahawarin M.Si, Deputi II Keamanan dan Sandi Negara, Mayjen TNI Dominggus Pakel, dan Olivia Latuconsina (Wakil Ketua Komnas Perempuan dan Anak) dan Staf Ahli Menteri PANRB Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Drs Djufri Rahman, M.Si.

Dari 5 (lima) Bacalek Pj Gubernur Maluku yang akan terpilih 3 (tiga) nama yang akan di serahkan ke (Kemendagri) untuk di seleksikan sebagai Pj Gubernur Maluku.
Pemelihan tersebut akan di adakan pada 29 November 2023 di ruang paripurna DPRD Maluku.

Wakil ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sairdekut kepada sejumlah wartawan di Ambon Selasa, (28/11/2023) pihaknya menyatakan bawasanya, DPRD Provinsi Maluku akan mengadakan proses pemilihan 5 (lima) bakal calon Pj Gubernur Maluku yang akan di isi sesuai kriteria 3 (tiga) nama Bacalek Pj Gubernur Maluku.

Pemelihan tersebut akan di hitung sesuai
dengan seluruh jumlah suara anggota legislatif DPRD Provinsi Maluku untuk nanti di giring 3 (tiga) nama ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“DPRD Provinsi Maluku akan melakukan pemelihan secara terbuka dan transparansi lewat 5 (lima) nama Bakal Calon (Bacalek) tersebut.”

Kami, berharap proses penghitungan suara akan berjalan secara baik. Jadi, kata Sairdekut, dari ke 5 (lima) Bacalek ini 3 (tiga) nama yang akan di usulkan malalui hasil penghitungan suara terbanyak, ketus Sairdekut

Pada hakekatnya proses pemilihan tidak bisa di wakilai oleh siapapun, yang di haruskan adalah kehadiran semua Anggota DPRD Provinsi Maluku untuk melakukan hak suaranya lewat proses pemilihan 3 (tiga) nama dari 5 (lima) nama Bakal Calon Bacalek Pj Gubernur Maluku.

“Saya rasa ini menjadi tanggung jawab DPRD Provinsi Maluku untuk proses pemilihan dan pengusulan nama Bakal Calon Bacalek Pj Gubernur ke Presiden RI lewat Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) di Jakarta ketusnya mengakiri”.(*)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *