Breking News

Hari Listrik Nasional, 22.000 Rumah Tangga Jawa Barat terima Sambungan Listrik Gratis

Lensaperistiwa.com – Tasikmalaya

Tepat pada Peringatan Hari Listrik Nasional ke-78, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyalurkan Bantuan Pasang Baru Listrik (BPBL) kepada 22.000 rumah tangga tidak mampu di Jawa Barat. Program tersebut menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Tahun Anggaran 2023 dengan aspirasi Komisi VII DPR RI.

Sekretaris Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Ida Nuryatin Finahari pada Peresmian dan Penyalaan Pertama Program BPBL di Desa Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (27/10/2023) menyampaikan bahwa untuk Kabupaten Tasikmalaya tahun ini mendapatkan bantuan listrik sebesar 900 kWh kepada sebanyak 822 rumah tangga.

“Bapak dan Ibu sangat beruntung, karena tahun ini fasilitas meningkat dengan mendapatkan kWh 900 VA dan token listrik perdana Rp. 100.000,- yang sebelumnya hanya 450 VA dan Token listrik Rp. 20.000,-” ucap Ida.

Ida kemudian menjelaskan bahwa salah satu upaya pemerintah untuk meningkatkan rasio elektrifikasi dan membantu masyarakat memperoleh akses listrik adalah melalui program BPBL selain perluasan jaringan melalui program listrik perdesaan.

Dalam kesempatan yang sama Wakil Ketua Komisi VII DPR-RI Dony Maryadi Oekon menyampaikan bahwa Program BPBL diperjuangkan oleh pemerintah untuk masyarakat yang membutuhkan.

“Program BPBL ini diperjuangkan oleh pemerintah demi masyarakat dan sudah berjalan berjalan selama dua tahun terakhir di seluruh Indonesia. Calon penerima BPBL merupakan rumah tangga yang terdaftar di DTKS dan yang paling penting berdomisili di daerah 3T (Terdepan, Terluar dan Tertinggal-red),” tegas Donny.

Executive Vice President Penjualan dan Pelayanan Pelanggan Retail PLN UID Jawa Barat Tonny Bellamy mengatakan PT PLN (Persero) akan selalu mendukung untuk memenuhi kebutuhan tenaga listrik di Indonesia.

“Kami berharap kolaborasi ini menjadi langkah awal sinergi untuk melakukan perluasan dan pengembangan kerjasama lainnya yang memungkinkan dalam ekosistem listrik,” ucap Tonny.

Inoh (80 tahun) salah satu warga penerima manfaat di Desa Ciawi, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Tasikmalaya menyampaikan rasa terima kasih atas perhatian pemerintah melalui pemasangan listrik gratis di rumahnya. Ibu rumah tangga ini mengaku bahwa sebelumnya ia menyalur listrik dari rumah tetangga.

“Alhamdulillah dari pemberian pemerintah dapat bermanfaat bagi Ibu saya dan adik-adik saya, manfaat ini besar banget bagi kami Kalau dulu menumpang listrik di rumah sebelah,” ujar Ikin, putra dari Inoh. ( Dudi.R )

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *