Breking News

Bupati Labuhanbatu di Hari Santri Jadikan Nilai Agama Sebagai Landasan Perilaku

lensaPeristiwa.com – Labuhanbatu

Bupati Labuhanbatu dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM, mengatakan, seorang santri harus menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku sehari-hari.

“Sebagai santri, kita tidak hanya berkewajiban memahami ajaran agama dengan baik. Tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku kita sehari-hari,” ujarnya saat menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Santri di Lapangan Ika Bina, Rantauprapat, Minggu (22/10/2023).

Menurut Erik, sejak ditetapkan pada tahun 2015, hari santri setiap tahun rutin diperingati.Untuk tahun ini, adapun temanya yaitu “Jihad Santri Jayakan Negeri” . Tema itu memiliki makna yang mendalam.

“Kata jihad dalam Islam bukanlah sebatas pertempuran fisik. Melainkan perjuangan secara keseluruhan, yang mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu, dan memperbaiki diri” tambahnya.

Lebih lanjut dia menegaskan, peringatan hari santri bukanlah milik santri semata, namun milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memiliki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan.

Oleh karena itu, jelasnya, masyarakat Indonesia, apapun latar belakangnya turut serta ikut merayakan hari santri dengan cara napak tilas perjuangan santri menjaga martabat kemanusiaan untuk Indonesia.

“Semangat jihad mereka dalam menjalankan ajaran agama dan berjuang untuk kemerdekaan sangat patut kita teladani. Hari Santri adalah momentum yang tepat untuk merefleksikan peran kita dalam menjayakan negeri ini. Sebagai generasi penerus, kita harus terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurnaan dalam ilmu agama dan ilmu pengetahuan
umum,” jelasnya.

Mengakhiri sambutannya, Bupati mengajak semua yang hadir untuk selalu berdoa agar Allah SWT senantiasa memberikan petunjuk, kekuatan, dan kesabaran dalam menjalani perjuangan sebagai santri yang berkomitmen pada “Jihad Santri Jayakan Negeri”.

“Semoga peringatan Hari Santri tahun ini menjadi titik awal bagi semua untuk lebih bersemangat dan berkontribusi positif bagi negeri, agama, dan bangsa” katanya.

Peringatan hari santri dimeriahkan dengan pembagian doorprize yang diberikan langsung oleh Bupati (Foto) dan pawai. Tampak hadir Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S. Pd., MM., Ketua dan Wakil Ketua DPRD, Kasdim 0209/LB, Kepala Kantor Kemenag Labuhanbatu, Kabagren Polres Labuhanbatu, para Asisten Pemkab Labuhanbaru, beberapa Kepala OPD, para santri dan pengurus Pondok Pesantren, insan pers, dan hadirin lainnya.(Sutrisno)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *