Breking News

Sambut Proklamasi Kemerdekaan RI ke – 78 SMA Xaverius Ambon Gelar PORSENI

Lensaperistiwa.com – Ambon

Dalam rangka menyambut hari proklamasi kemerdekaan RI ke 78 SMA Xaverius Ambon, melakukan berbagai macam lomba di antaranya mengelar kegiatan PORSENI dan di tandai dengan pembakaran obor oleh kepala sekolah SMA Xaverius Ambon Ibu Ina Elsoin S.Pd M.Si sebagai simbol tanda di bukanya kegiatan di maksut Senin, (14/08/2023).

Turut hadir pada kegiatan tersebut kepala tata usaha bersama staf kolose, bapa ibu dewan guru, SMA Xaverius Ambon dan seluru para siswa SMA Xaverius Ambon.

Kepala sekolah SMA Xaverius Ambon dalam sambutanya mengatakan, kegiatan PORSENI yang di gelar oleh SMA Xaverius Ambon merupakan rutinitas kegiatan setiap tahun berjalan. Seperti, memperingati hari besar nasional menyongsong 2 Mei hari Pendidikan Nasional, 17 Agustus hari Kemerdekaan RI, HUT kolose dan HUT sekolah SMA Xaverius Ambon.

Hal tersebut merupakan bentuk kegiatan yang di gelar oleh sekolah SMA Xaverius Ambon yang merupakan bentuk partisipasi anak bangsa memaknai simbol kemerdekaan sebagai sesuatu perjuangan yang luar biasa dalam konteks solidaritas anak bangsa.

“PORSENI merupakan suatu momen yang sangat penting bagi para siswa dalam menggasa gagasan proatifitas talenta yang di miliki setiap siswa untuk meningkatkan daya saing untuk talenta-talenta yang di miliki setiap anak, ketus kepala sekolah.”

Ada berapa indikator penting yang perlu di ketahui oleh para peserta PORSENI yaitu?

– Selaku kepala sekolah saya memberikan apresiasi kepada OSIS MPK yang mampu melakukan dan melaksanakan program PORSENI.

– Apresiasi juga saya sampaikan kepada Wakasek kesiswaan, pembina dan bpk ibu pendamping OSIS MPK yang dengan setia membantu dan mendukung OSIS MPK menyukseskan acara PORSENI.

– PORSENI adalah salah satu ajang untuk mengasah kemampuan, bakat dan minat bagi seluruh peserta didik, untuk meningkatkan daya saing dalam bertalenta. Oleh karena itu siswa, yang terlibat pada kegiatan lomba di maksut harus, mampu melakukannya dengan serius dan sungguh-sungguh serta, mengekspos potensi yang ada pada diri masing-masing.

– Semua yg terlibat dalam perlombaan di maksut dapat menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas, semangat juang serta meningkatkan talentanya. Tidak boleh ada rasa saling tersinggung, berkelahi saling salah paham antara satu dengan yang lain.
Harus, menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila dan mengutuhkan persaudaraan, karena kalian semua adalah satu keluarga besar SMA Xaverius Ambon. Ujar kepala sekolah.

– Semua keputusan wasit dalam menentukan juara adalah sah. Oleh sebab itu, diharapkan jangan berkecil hati jika yang belum mendapatkan juara, dan bagi yang keluar sebagai pemenang, sekolah akan memberikan kepercayaan mewakili sekolah untuk mengikuti event apabila, ada undangan mengikuti lomba dari instansi pemerintah maupun lembaga swasta lainnya.

Lanjut kepsek, maksut dari kegiatan PORSENI ini, adalah “meningkatkan bakat dan minat para siswa dalam menggagas kemamampuan talenta mereka dalam mengunggulkan potensi diri ke depan .”
Oleh karena itu, bakat yang ada pada diri siswa telah di lihat pada ajang PORSENI ini lewat berbagai mata lomba yang di pentaskan.

Sebanyak sembilan (9) mata lomba yang di gelar, SMA Xaverius Ambon.
harapan kepala sekolah adalah dapat di lakukannya kegiatan PORSENI setiap tahun berjalan agar minat dan bakat para siswa terlihat dan terus di gasah ungkapnya mengakiri.*

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *