Breking News

Demi Meningkatkan Perekonomian PAD, Desa Jadimulya Bangunb Kios

Lensaperistiwa.com – Kab. Tasikmalaya

Demi meningkatkan perekonomian warga dan juga meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PA DES) , Pemerintah Desa Jadimulya, Kecamatan Langkaplancar,Kabupaten Pangandaran membangun tempat kios bagi warganya yang memiliki usaha.

Tempat Kios sendiri berdiri diatas Tanah Kas Desa (TKD) Jadimulya, dengan Lokasi yang sangat strategis, berada dipinggir jalan raya Jadimulya Karangkamiri , tepatnya di Dusun Cisagu .

Di temui di kantor nya. Kepala Desa Jadimulya H.Karsidi . Kamis 10 Agustus 2023 kepada wartawan mengatakan, jika kios – kios tersebut dibangun secara bertahap Mulai dari tahun sebelumnya Desa kami baru punya satu kios., dengan di sewakan kepada warga masyarakat yang punya usaha, dengan harga sewa pertahun Rp. 1 .000.000 . Alhamdulillah di tahun ini kami bisa mengalokasikan lagi untuk membangun kios desa. Dengan sumber anggaran dari dd tahap ll sebesar Rp. 199.500.000 .

Masih dikatakan.H .Karsidi .pembangunan kios Desa ini, dikerjakan secara Swakelola tim pelaksana kegiatan, yang di ketuai oleh TPK yaitu Kesra Desa Jadi mulya .Adapun pembangunan kios ini dengan volume pekerjaan ukuran 3Mx3M . Sebanyak 4 unit

Kini, lanjut Kades Jadi mulya, bangunan sudah hampir 40 ℅ dan kedepannya siap untuk di tempati warga yang ingin berjualan. Untuk warga Desa Jadimulya khususnya, yang ingin berjualan di kios langsung segera daftar ke Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).karena kedepannya. Kios itu rencananya di kelola oleh Bum Des. Ujarnya

“Satu kios sudah ada yang berjualan, untuk warga yang ingin daftar langsung ke BUMDES sebagai pengelola. Sedangkan Pemerintah desa hanya memberi fasilitas,” ujarnya.

H. Karsidi menambahkan, semoga dengan adanya kios yang rencana dikelolah Badan Usaha Milik Desa ((BUMDes), Desa Jadi mulya bisa maju dan mandiri mengelola pendapatan asli desa.

“Dengan adanya kios ini, semoga ke depan perekonomian warga Desa Jadimulya kecamatan Langkaplancar kabupaten Pangandaran bisa meningkat dan tentunya juga bisa mendongkrak meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PA Des ) . Karena dari awalnya juga. Tujuan utamanya ingin meningkatkan pad desa. Yang kemungkinan setelahnya bangunan kios itu selesai, kita musyawarahkan lagi, untuk harga sewa kios kedepannya kemungkinan ada kenaikan. ujarnya.

“Sementaea itu masyarakat Desa Jadimulya sangat berterima kasih kepada Pemerintah Desa
Jadimulya yang sudah menyediakan fasilitas untuk berjualan. Semoga dengan adanya kios ini, banyak orang yang mampir untuk membeli barang dagangan yang ada di kios dea nanti kali sudah berjalan ” ujarnya.( Ratna )

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *