Breking News

Pawai Ta’aruf & Tausiyah Warnai Peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 di Kabupaten Labuhanbatu

lensaperistiwa.com – Labuhanbatu

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Labuhanbatu bersama Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Labuhanbatu menggelar acara peringatan 1 Muharram 1445 H / 2023 M. Acara peringatan 1 Muharram dilaksanakan di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Rabu (19/07/2023).

Ketua MUI Labuhanbatu Drs.H.Abdul Hamid Zahid mengucapkan banyak terimakasih kepada panitia pelaksana, hal yang sama juga disampaikan kepada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu yang telah mendukung pelaksanaan kegiatan ini.

Ditempat yang sama, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Labuhanbatu Dr.H.Asbin Pasaribu mengatakan kalau kita bersama yang besar itu bisa kita pikul bersama walaupun dalam hanya waktu yang singkat.

“Kami melihat perhatian Bupati Labuhanbatu pada lembaga-lembaga keagamaan dan pondok pesantren ini luar biasa. Pelayanan yang diberikan kepada masyarakat terkhususnya pada pemberangkatan Jamaah Haji Labuhanbatu, para jamaah merasakan aman dan nyaman,” katanya.

Kemudian, Sambutan Bupati Labuhanbatu dalam hal ini disampaikan oleh Sekretaris Daerah Ir.Hasan Heri Rambe mengatakan hari ini kita sudah memasuki 1 Muharram 1445H, yang ditandai dengan Tahun Baru Islam.

“Mari kita senantiasa menyambutnya dengan penuh rasa syukur atas limpahan barokah di dalamnya. Mari kita isi tahun baru ini dengan meningkatkan amal ibadah agar senantiasa dilindungi dan mendapatkan berkah serta kemudahan dari Allah SWT.

Inti dari peringatan tahun baru Islam adalah bagaimana kita dapat memaknai hijrah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW, untuk lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Tentunya melalui peringatan tahun baru Islam ini kiranya kita mampu memotivasi diri sendiri, keluarga, serta masyarakat untuk membentuk mental, akhlak dan kepribadian serta keimanan yang kokoh dalam menghadapi tantangan pembangunan daerah di masa yang akan datang,” ucap Sekda.

Sambung Sekda Labuhanbatu, karena itu kami mengajak seluruh umat Islam untuk memulai tahun baru Hijriyah dengan tekad dan semangat musahabah menuju perbaikan diri dan masyarakat.

Diakhir sambutan Bupati, Sekretaris Daerah berpesan kepada seluruh masyarakat, mulai dari aparat pemerintahan, para alim ulama, para imam, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda untuk bahu membahu saling bekerjasama dalam membangun dan membolo kabupaten labuhanbatu, sehingga terwujudnya masyarakat Labuhanbatu yang berkarakter, maju dan sejahtera.

Acara dirangkai dengan penyampaian Tausiyah yang disampaikan oleh Ust.Drs.Nurul Ichsan,MA yang sengaja diundang dari Kota Kisaran. Sebelumnya kegiatan diawali dengan Pawai ta’aruf yang dilaksanakan oleh seluruh peserta yang hadir di seputaran Kota Rantauprapat, kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur’an yang dibawakan oleh Aulia Fikri Nasution (Qori anak-anak terbaik Sumatera Utara).

Peserta pawai terdiri dari ibu-ibu perwiritan yasin, sejumlah marching band / drumband dari perguruan Islam, pelajar Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah, organisasi kepemudaan dan peserta lainnya.

Para peserta pawai melaksanakan pawai menelusuri ruas jalan MH Thamrin, Jenderal Sudirman, Jalan Diponegoro, Jalan KHA Dahlan, Jalan Imam Bonjol, Simpang Enam dan kembali ke lapangan Ika Bina di Jalan MH Thamrin.

Turut hadir dalam kegiatan Asisten Setdakab, Staff Ahli Bupati, Forkopimda, Pimpinan OPD, Camat, FKUB, Ormas Islam, Perwiritan Ibu-ibu, Para Kepala Sekolah, Guru, dan siswa-siswi mulai dari Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, dan Madrasah Aliyah serta para tamu lainnya.

(Sutrisno)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *