Breking News

Wabup Labuhanbatu Hj Ellya Rosa Siregar Bumdes Harus Mampu Menjadi Lokomotif Desa

lensaperistiwa.com – Labuhanbatu

Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd. MM mengatakan Bumdes/ Bumdesma harus mampu menjadi lokomotif atau penggerak pengembangan perekonomian masyarakat desa untuk mewujudkan kemandirian desa, sehingga kedepan pengelolaan Bumdes/ Bumdesma harus diperbaiki sehingga Bumdes kita menjadi sehat, untuk itu perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas manajemen pelaksana operasional dan pengawas Bumdes/ Bumdesma, khususnya pada aspek pengelolaan keuangan Bumdes/ Bumdesma.

Hal itu sampaikan Wakil Bupati Labuhanbatu Hj. Ellya Rosa Siregar, S.Pd, MM saat Launching Rumah Kolaborasi, Pendampingan Bumdes dan Aplikasi Laporan Keuangan Bumdes / Bumdesma, di Aula Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu, Jalan Gouse Goutama. Kecamatan Rantau Selatan. Senin (17/7/2023).

Terkait hal itu, kata Wabup Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu telah menyusun dan membuat aplikasi laporan keuangan secara online, sehingga kedepan pelaksana operasional Bumdes/ Bumdesma wajib menggunakan dan memberikan laporan keuangan Bumdes/ Bumdesma secara online setiap bulan kepada kepala desa sebagai penasehat sekaligus pemilik saham Bumdes/ Bumdesma.

“Selanjutnya kepala Desa memberikan laporan keuangan tersebut kepada Camat dan Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu,” kata Wabup.

Dengan menggunakan aplikasi laporan keuangan Bumdes/ Bumdesma secara online, diharapkan Wabup, pengelolaan keuangan Bumdes/ Bumdesma dapat tertib. Karena dengan menggunakan aplikasi ini pemasukan dan pengeluaran keuangan Bumdes/ Bumdesma terekam atau tercatat dengan baik karena disertai dengan bukti kwitansi pengeluaran.

Wabup juga menjelaskan melalui rumah kolaborasi ini menjadi wadah atau tempat para OPD dan Stakeholder lainnya seperti Bank BTN dan Rumah Kreatif dan lain – lainnya berkumpul dalam memberikan saran, ide dan pemikirannya untuk memajukan Bumdes/ Bumdesma di Labuhanbatu.

“Jadi, saya meminta kepada semua pihak yang tergabung dalam rumah kolaborasi khususnya para OPD agar aktif dalam rumah kolaborasi, mari berkolaborasi dalam Bolo Desa di Kabupaten Labuhanbatu,” tutup Wabup.

Kepala Dinas PMD Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan mengatakan kegiatan launching rumah kolaborasi ini bertujuannya agar pengelolaan keuangan Bumdes/ Bumdes yang ada di Kabupaten Labuhanbatu kedepan semangkin lebih baik.

Turut hadir Mewakili Para OPD, Inspektorat, Para Kepala Desa, Rumah Kreatif Labuhanbatu, Bank BTN dan Tamu Undangan Lain.(Sutrisno)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *