60 views
News

Kegiatan Gotong Royong Rutilahu Di Desa Pananjung

lensaperistiwa.com – Kabupaten Pangandaran

Warga Rt 07/ Rw 05 Desa Pananjung kecamatan Pangandaran , bahu membahu bergotong royong membantu pembangunan rumah salah seorang warga, Samin, penerima program Rutilahu,Sabtu 15 Juli 2023 .

Untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat yang tidak mampu, pemerintah provinsi Jawa Barat merealisasikan program.Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni ( RUTILAHU ) tahun 2023.

Salah satu penerima manfa’at yang mendapat program tersebut adalah Desa Pananjung. Di konfirmasi di lokasi pekerjaan, Daimin Eddy Koesnady selaku LPM Desa Pananjung kecamatan Pangandaran . Kepada media lensa peristiwa mengatakan. Alhamdulillah Desa Pananjung , menerima bantuan Rutilahu dalam program provinsi untuk warga kami. Semoga di tahun berikutnya bisa berlanjut atau ada program lagi, karena warga kami masih ada yang perlu di bantu melalui Rutilahu.ujarnya .
Masih dikatakan LPM Pananjung , saya ingin berpartisipasi di lingkungan dengan bekerja sama dengan para Rw dan para Rt yang ada di lingkungan. Ujar LPM.

Sementara itu. di konfirmasi di lapangan. Sabtu 15 Juli 2023 .KORFAS Kabupaten Pangandaran Dede Rahmat. ST. Kepada media lensa peristiwa mengatakan.

220 Unit rumah di kabupaten Pangandaran siap di perbaiki.
Program Rumah Tinggal Layak Huni( Rutilahu ) dari disperkim jawa barat saat ini sedang mulai pelaksanaan pengerjaan.

Tersebar 20 Unit Desa ciliang, 20 Unit desa cibenda, 20 Unit desa cibanten, 20 Unit desa marga cinta, 20 Unit desa batukaras, 20 Unit desa karangkamiri, 20 Unit desa suka resik, 20 Unit desa cikalong, 20 Unit desa purba hayu, 20 Unit desa pananjung dan 20 Unit desa sukamaju.,Sumber anggaran dari APBD provinsi jawa barat.

Per penerima manfaat dianggarkan Rp.17.500.000 untuk belanja material, Rp. 2000.000 untuk HOK dan Rp. 500.000 untuk Oprasional.

Masih di katakan Dede . Pemantauan di lapangan tengah dilaksanakan pengiriman matrial dan proses renovasi yang di lakukan secara gotong royong.

Koordinator Fasilitator kabupaten Pangandaran untuk program RUTILAHU menjelaskan , bahwa saat ini dana bantuan dari provinsi sudah di transfer ke 11 rekening lpm , dan di lapangan untuk saat ini progres sedang dilakukan pengiriman bahan material dan sebagian sudah ada yang mulai pembangunan menggunakan bahan dari swadaya, kendati sempat terhambat cuaca dalam pengiriman , namun secara keseluruhan masih di rasa memungkinkan selesai di minggu ini.

“Tim Fasilitator terus memonitoring bersama Tim Teknis, Mudah-mudahan minggu ini Selesai pengiriman” Ujarnya¬†(Ratna.K¬†)

Facebook Comments Box

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *