Pemerintahan

BPJS Aparatur Desa Labuhanbatu Wujud Nyata Peran Bupati Implementasikan Instruksi Presiden

lensaperistiwa.com – Labuhanbatu

Asisten ll Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Drs. Ikhram Syahputra(Foto)mengatakan, perlindungan ketenagakerjaan untuk aparatur desa di Labuhanbatu, merupakan wujud nyata peran Bupati dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM, dalam mengimplementasikan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 2 tahun 2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Hal itu dia sampaikan saat membuka rapat kerjasama operasional Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu, dan BPJS Ketenagakerjaan Rantauprapat, di ruang data dan karya, kantor Bupati Labuhanbatu, Rabu (12/7/2023).

Menurut Ikhram, sesuai dengan UU No 24 tahun 2011, BPJS sebagai penyelenggara jaminan sosial ketenagakerjaan, diberikan amanah untuk memberikan sosialisasi sekaligus mengajak pekerja di seluruh Indonesia, untuk menjadi peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Dalam hal pelaksanaannya, BPJS Ketenagakerjaan akan sulit menjalankan amanah ini jika tidak ada dukungan dari berbagai pihak. Untuk itu pemerintah daerah perlu bersinergi, agar program ini berjalan dengan baik,” katanya.

BPJS Ketenagakerjaan, terang Ikhram, memberikan jaminan perlindungan berupa jaminan kecelakaan, jaminan kematian, jaminan hari tua, jaminan pensiun dan berhak untuk mengikuti program perlindungan atas resiko sosial.

Pemkab Labuhanbatu, kata Ikhram , telah menerima penghargaan dari BPJS Ketenagakerjaan pada bulan Mei 2023 lalu, karena kepedulian kepada aparatur desa yang sudah diikutsertakan kedalam 4 (empat) program BPJS Ketenagakerjaan, yaitu jaminan kecelakaan kerja, jaminan kematian, jaminan hari tua dan jaminan pensiun.

“Dengan penghargaan tersebut, artinya Pemkab Labuhanbatu sangat peduli dengan aparatur desa.” tegasnya.

Kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Rantauprapat, Erwin Syahputra, mengatakan, rapat operasional dilaksanakan untuk koordinasi serta monitoring pembayaran iuran BPJS Ketenagakerjaan aparatur desa dan BPD di Kabupaten Labuhanbatu.

Rapat juga diisi dengan pemaparan materi oleh Kasi Perdata dan Tata Usaha Negara (Datun) Kejari Labuhanbatu, Aisyah, SH, MH, dan kepala Kantor Cabang BPJS Ketenagakerjaan Rantauprapat Erwin Syahputra.(Sutrisno)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *