Sosial Kebudayaan

SEKDA KOTA LUBUKLINGGAU UBAH POLA PIKIR DARI DILAYANI MENJADI MELAYANI PUBLIK

lensaperistiwa.com – Lubuklinggau

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa didampingi sejumlah pejabat Pemkot Lubuklinggau mengikuti kegiatan workshop kepatuhan Standar pelayanan di Kantor Ombudsman Perwakilan Sumsel, Jln Radio No. 1 Kel.20 Ilir DIV, Kecamatan Ilir Timur 1 Palembang, Selasa (20/6/2023).

Salah satu materi yang disampaikan adalah tentang persiapan dan pelaksanaan penilaian serta paparan pelaksanaan tindak lanjut rekomendasi kepatuhan Standar pelayanan oleh ombudsman RI Perwakilan Sumatera Selatan dengan narasumber, Hendrico, SH,CLA selaku Kepala Keasistenan Pencegahan Maladminstrasi Ombudsman Perwakilan Sumsel.

Secara umum materi yang disampaikan ada empat dimensi penilaian, yakni input, proses, output dan pengaduan dengan teknis penilaian meliputi wawancara, observasi dan penilaian pemenuhan dokumen.

Penilaian penyelenggaraan pelayanan publik oleh Ombudsman RI ini merupakan salah satu upaya pencegahan mal administrasi, dengan menilai kondisi penyelenggaraan pelayanan publik secara komprehensif, untuk menghasilkan opini pengawasan pelayanan publik yang dijadikan acuan kualitas.

Sekda Kota Lubuklinggau, H Trisko Defriyansa dalam kesempatan tersebut mengatakan pelayanan publik yang prima sesuai dengan harapan dan kebutuhan masyarakat, tentunya tidak terjadi begitu saja, tetapi memerlukan komitmen, kebersamaan dan sinergitas semua pihak.

Lebih penting lagi sambungnya, perubahan pola pikir dan budaya kerja untuk mengubah kebiasaan dilayani menjadi melayani. Kedepan lanjut dia, harus dimanfaatkan lebih banyak teknologi atau digitalisasi pelayanan untuk melaksanakan tugas-tugas pelayanan publik sehingga semakin berkualitas.

Turut mendampingi Sekda, perwakilan dari Dinas PMPTSP, Capil, Disdik, Dinsos, Kesehatan, Inspektorat serta 10 Kepala Puskesmas dalam wilayah Kota Lubuklinggau. (WIM)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *