Breking News

Bawaslu Gelar Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisiptif

lensaperistiwa.com – Kabupaten Pangandaran

Badan Pengawas pemilihan umum kabupaten Pangandaran. ( BAWASLU). Mengadakan sosialisasi dan pengawasan partisipatif. Bawaslu sebagai badan yang bertugas mengawasi proses Demokrasi elektroral, mulai dari PILPRES, PILEG, dan PILKADA, sebagai badan yang di amanat kan secara konstitusional dalam hal pengawasan pemilu.

Bawaslu kabupaten Pangandaran, menggelar kegiatan di aula hotel pantai indah timur Pangandaran, pada Senin 29 -Mei – 2023 , Hadir dalam acara tersebut para tamu undangan, yang terdiri dari elemen masyarakat, para media, Rukun nelayan, kemenag Pangandaran. Serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya ,ketua bawaslu Pangandaran Iwan mengatakan sosialisasi tentunya lebih menitik beratkan pada proses pencegahan, dengan peran masyarakat dalam proses pemilu 2024, bukan hanya peserta pemilu saja yang harus diawasi, penyelenggara pun harus ikut di awasi.

Masih dikatakan Iwan . Bahwa perat sebra masyarakat itu harus pro aktif dan punya kesadaran punya rasa dan tanggung jawab, terkait keberlangsungan pemilu tersebut. Melalui pengawasan partisipatif dan kami mencoba memberikan pemahaman peran serta masyarakat, minimalnya masyarakat bisa menjaga hak politiknya, baik yang menjadi peserta pemilu maupun masyarakat sebagai pemilih dan itu harus di kawal oleh seluruh elemen masyarakat kabupaten Pangandaran, demi pemilu yang berkualitas. Tutur Iwan.

Sementara itu kemenag Pangandaran, H Badruzaman melalui sambutanntannya sebagai pembicara di acara sosialisasi tersebut mengatakan . Saya berencana akan mengerahkan para penyuluh agama dan organisasi mitra kemenag dalam pengawasan partisipatif pada pelaksanaan pemilu 2024 dan undang- undang nomor 7 tahun 2017.

Kan kemenag mengatakan. ada tiga upaya yang akan di lakukan dalam mendukung Bawaslu Pangandaran, mengimplementasikan per Bawaslu nomor 2 tahun 2023.

Pertama, kan kemenag akan mendorong para tokoh agama mengkampanyekan stop tindakan hoax, politisasi sara, ujaran kebencian, termasuk money politik
Kedua, kan kemenag akan melibatkan para penyuluh agama tidak kurang dari 100 yang hadir di seluruh desa tentang bahaya money politik.

Ketiga, kan kemenag akan mengerahkan para penyuluh agama serta mendorong lembaga penyelenggara kpu dan bawaslu deklarasikan pemilu bersih tanpa pelanggaran. Ujarnya ( Ratna. K  )

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *