Breking News

Aneh, Pihak SPBU Belum Sepenuhnya Mendaftarkan Karyawannya Sebagai Peseta BPJS Ketenagakerjaan

lensaperistiwa.com – Labuhanbatu.

Terkait pemberitaan tentang puluhan karyawan Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) 14.214.280. di jalan SM Raja nomor 168 Rantauprapat, Sumatera Utara (Sumut) diduga pihak SPBU belum mendaftarkan karyawannya sebagai peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan kini menjadi pertanyaan.

Bagaimana tidak, Karyawan yang dipekerjakan pihak SPBU sebanyak 30 orang  karyawan belum sepenuhnya terdaftar sebagai peserta (BPJS) Ketenagakerjaan. Dimikian dikatakan Alex selaku Tim kepesertaan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

“Karyawan SPBU 14.214.280. yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan hanya 18 orang, ” sebut Alex selaku tim kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan menjawab awak media lewat panggilan suara WhatsApp, Selasa (16/5/2023) sore.

Namun disayangkan, saat dipertanyakan nama Karyawan yang terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan sebayak 18 orang dan sebayak 12 orang karyawan SPBU 14.214.280. yang belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan meski diantaranya telah bekerja di SPBU itu selama 9 bulan belum juga terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan terkesan menutupi.

“Nama namanya saya gak ingat bang, 18 orang karyawan SPBU 14.214.280. sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Sedangkan karyawan inisial SK dan berinisial T belum terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Kalau soal data nama-nama karyawan SPBU itu bang bisa juga abang tanyakan ke Disnaker. Soalnya data datanya tadi sudah saya kirimkan ke Disnaker sama buk Lisbet, ” ucapnya.

Sebelumnya, Alex selaku tim kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan saat dikonfirmasi awak media diruang kerjanya pada, Selasa (16/5/2023) sekira pukul 08:40 pagi, apakah karyawan SPBU inisial SK dan T terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan atau tidak dan apakah karyawan SPBU sebayak 30 orang tersebut sebagaimana disebutkan oleh Misdi selaku pengawas SPBU 14.214.280. bahwa karyawan yang bekerja di SPBU tersebut seluruhnya telah terdaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan meminta waktu untuk kordinasi ke pihak Managemen.

“Saya kordinasi dulu ya bang dengan Managemen SPBUnya, ” katanya sembari mempertanyakan kembali apakah awak media mengetahui N.I.K KTP karyawan inisial SK dan T.

Diberitakan sebelumnya, Puluhan karyawan Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) 14.214.280 di Jalan SM Raja 168 Rantauprapat, Sumatera Utara (Sumut) diduga belum menjadi peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan.

Hal itu terungkap dari pengakuan sejumlah pekerja yang sedang bekerja di lokasi SPBU, Senin (15/05/2023) sore.

Ketenagakerjaan atas namanya sudah lama didaftarkan oleh pihak SPBU. Namun sampai sekarang belum selesai.

“BPJS Ketenagakerjaan saya sudah lama diurus pak, tapi sampai sekarang belum selesai juga,” sebut SK, yang mengaku sudah 9 bulan bekerja di SPBU 14.214.280 itu.

Sementara pekerja lainnya berinisial T, teman satu kerja

SK saat dikonfirmasi wartawan pada, Senin (15/05/2023), apakah memiliki BPJS Ketenagakerjaan juga mengatakan hal serupa sebagaimana dikatakan SK.

“Saya belum punya BPJS Ketenagakerjaan bang,” timpal T yang mengaku sudah 6 bulan bekerja di SPBU 14.214.280 menjawab wartawan.

Pengawas Stasiun Pengisian Bahanbakar Umum (SPBU) 14.214.280, Misdi, saat dikonfirmasi berapa jumlah karyawan dan apakah karyawan yang dipekerjakan di SPBU dimaksud memiliki BPJS Ketenagakerjaan mengatakan, semua karyawan sudah memiliki BPJS.

“Jumlah karyawan SPBU 14.214.280 sebayak 30 orang, 8 orang di antaranya perempuan. Semua karyawan memiliki BPJS Ketenagakerjaan,” kata Misdi Pengawas SPBU 14.214.280 Rantauprapat menjawab wartawan, Senin (15/05/2023) sekira pukul 17.12 WIB di lokasi.(M. SUKMA)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *