Breking News

Bupati Ciamis Herdiat Pimpin Upacara Peringatan Hardiknas dan Hari OTDA Ke-27

lensaperistiwa.ccom – Kabupaten Ciamis,

Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Hari Otonomi Daerah Ke-27 tingkat Kecamatan se-Kabupaten Ciamis tahun 2023 dilaksanakan Bupati Ciamis di Taman Lokasana Ciamis. Selasa, 02/05/23.
Sebagai Inspektur Upacara, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya mengatakan dengan ditetapkannya tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional adalah merupakan wujud nyata kepedulian Pemerintah akan pentingnya pendidikan di Negara Indonesia.

Lanjut Bupati, pada peringatan Hardiknas Tahun 2023 kita mengusung tema “Bergerak Bersama Semarakan Merdeka Belajar” yang memiliki makna mengajak kita semua agar senantiasa meningkatkan semangat untuk selalu bergerak, maju dan berinovasi dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, yang merdeka, mandiri serta mampu mengatasi segala hambatan dan tantangan jaman.

“Sebanyak 24 episode merdeka belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat,” Ujarnya.

“Anak-anak kita sekarang bisa belajar lebih tenang karena aktivitas pembelajaran merdeka dinilai secara lebih holistik oleh gurunya sendiri, para guru sekarang berlomba-lomba untuk berbagi dan berkarya dengan hadirnya platform merdeka belajar”, Sambung Bupati.

Selain itu kata Bupati, guru-guru yang dulu diikat berbagai peraturan yang kaku sekarang lebih bebas berinovasi dikelas dengan hadirnya kurikulum merdeka.

Pada kesempatan tersebut, Bupati mengajak “Kepada pendidikan jenjang perguruan tinggi, adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori didalam kelas sekarang bisa melalang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program kampus merdeka, transformasi yang masif ini sudah sepatutnya dirayakan dengan penuh syukuri dan semarak, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerjasama kita”, Katanya.

“Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi, kita semua para pendidikan dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya juga peserta didik diseluruh penjuru nusantara adalah kapten dari kapal besar yang bernama indonesia ini”, Tambah Bupati.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, mari kita bergerak bersama semarakan merdeka belajar”, Ucap Bupati

Sementara itu, dilanjut dengan peringatan Hari OTDA ke-27 bupati menjelaskan peringatan ini sebagai refleksi sejenak untuk kembali memahami esensi filosofis dari ditetapkannua otonomi daerah.

Ya, tujuan dilaksanakannya otonomi daerah dengan mendesentralisasikan sebagai kewenangan, sejatinya untuk menjadikan daerah mencapai kemandirian fiskal, serta memacu terjadinya percepatan dan pemerataan pembangunan, Jelas Bupati

Dilanjutnya, bupati menuturkan bahwa setelah 27 tahun pelaksanaan otonomi daerah, kita semua dapat merasakan berbagai hal positif antara lain peningkatan kualitas pembangunan infrastruktur di daerah, pelaksanaan berbagai program dan kegiatan penanggulangan kemiskinan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk itu pada kesempatan yang baik ini, saya menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada semua pihak yang telah bersama-sama berupaya dan berhasil dalam melaksanakan tujuan dari otonomi daerah”, Ucapanya.

Kendati demikian, bupati mengajak agar jangan berpuas diri, mengajak agar tetap meningkatkan kondusifitas dan sinergitas, meningkatkan upaya dan kerja keras serta inovasi dalam menggali potensi di daerah dalam mewujudkan tujuan dan cita-cita otonomi daerah dengan tetap menjaga dan memperhatikan aturan hukum serta norma yang ada.

“Selamar memperingati Hari Otonomi Daerah yang ke-27. Otonomi Daerah maju, Indonesia unggul”, Tandasnya.( Asep Deni )

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *