Breking News

Wakil Rakyat Mendesak Disducapil, Mempresiapkan Identitas e-KTP Bagi Warga Maluku

lensaperistiwa.com – Ambon

Menyambut pesta demokrasi 2024 mendatang Anggota Komisi l DPRD Provinsi Maluku Michael Tasane kepada wartawan di Ambon Selasa, (25/04/2023) pihaknya mendesak Dinas Catatan Sipil (Disducapil) seluruh kabupaten/ kota di Maluku diharuskan menyiapkan kartu tanda penduduk e-KTP ke seluruh warga yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk.

Pasalnya, untuk memberikan perolehan suarah pada pemilu nantinya salah satu persyaratan pentingnya adalah memiliki identitas kewarganegaraan yang falit seperti, memliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) jika demikian, perlu di siapkan oleh Disducapil di seluruh kabupaten /kota di Maluku untuk warga yang belum memiliki KTP.

Kendati demikian, jika kedapatan tidak memiliki daftar pemilihan tetap maka salah satu persyaratannya adalah menunjukan identitas KTP sebagai bukti pencoblosan pada TPS setempat.
“Saya rasa perlu penekanan untuk Disducapil guna mempersiapkan KTP bagi warga yang belum memilikinya.

Tasane membeberkan, bawasanya pertemuan Dinas terkait sudah di lakukan pada Januari 2023 guna membicarakan perolehan anggaran namun kata Tasane, angaran tak mencukupi. Padahal Provinsi Maluku merupakan wilayah kepulauan perlu dibutuhkan anggaran yang cukup besar guna mempersiapkan 45.887 KTP untuk warga Maluku yang belum mendapatkan KTP ketus Tasane.

Maka dari itu, perlu ada kajian dan antisipasi oleh Disducapil guna melakukan berbagai persiapkan untuk seluruh warga Maluku yang masuk dalam daftar pemilihan tetep nantinya.

Jika kedapatan ada warga yang belum memiliki hak pilih di karenakan bermasalah dengan identitas KTP atau tempat pemilihan yang tidak jelas maka, di pastikan Dinas Disducapil gagal dalam melakukan pelayanan untuk warga “boleh di katakan negara gagal dalam mempersiapkan hak masyarkat” ungkapnya.

Oleh karena itu perlu keseriusan pelayanan yang di lakukan oleh Dinas Disducapil guna mempersiapkan KTP bagi warga yang belum mendapatkannya, ungkap Politisi Senior Partai Golkar itu.

Edy Mehlidan/ Wariata

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *