Breking News

DPMD Kab. Tasik Diduga Menyimpang Belanja Bahan Baku untuk Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa

Lensaperistiwa.com – Kabupaten Tasikmalaya

Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Kabupaten Tasikmalaya laksanakan kegiatan Belanja Bahan Baku untuk Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) bersumber dari anggaran APBD-2022, berdasar informasi yang dihimpun awak media Lensa Peristiwa terkait dengan dengan Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Satuan Kerja Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Tasikmalaya Tahun Anggaran 2022 dengan Total Jumlah Belanja sebesar Rp. 9.273.700.307 (Sembilan Miliar Dua Ratus Tujuh Puluh Tiga Juta Tujuh Ratus Ribu Tiga Ratus Tujuh Rupiah ) salah satu kegiatan dari Belanja Daerah Dinas PMD Kabupaten Tasikmalaya Tahun 2022 adalah Belanja Bahan Baku untuk Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) dengan nilai kontrak anggaran Rp. 209.948.008.

Pelaksanaan kegiatan Belanja Bahan Baku untuk Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) menggunakan metode tender artinya pelaksanaan dilakukan oleh pihak rekanan. Atas informasi masyarakat diduga dalam pelaksanaanya tidak sesuai dengan Spesifikasi Teknis dan volume sebagaimana telah ditetapkan pada Kerangka Acuan Kerja pada kegiatan dimaksud sehingga akan berdampak pada kerugian Negara. Hal ini upaya dilakukan untuk memberikan informasi kepada masyarakat terkait dengan pelaksanaan kegiatan dimaksud maka wartawan media lensa peristiwa lakukan klarifikasi melalui surat klarifikasi/konfirmasi nomor: 07/RED-LP/IV/2023-TSK tanggal 10 April 2023 ditujukan kepada kepala dinas Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (PMD) Kabupaten Tasikmalaya guna meminta keterangan dalam pelaksanaanya secara transparan dan akuntabel. Sejauh ini melalui Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) satuan kerja Dinas PMD Kabupaten Tasikmalaya tidak memberikan keterangan resmi sebagaimana surat permohonan klarifikasi tersampaikan.
Adapun isi dari surat klarifikasi/konfirmasi tersampaikan bahwa dimohonkan dukungan data informasi salinan lampiran dokumen kegiatan Bahan Baku untuk Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) guna pembuktian hasil pelaksanaan kegiatan tersebut, namun melalui Kepala Dinas PMD Kabupaten Tasikmalaya (Drs. YAYAT SURYATNA) permohonan jawaban klarifikasi serta salinan lampiran dokumen kegiatan itu tidak dipenuhi setelahnya wartawan media lensa peristiwa menemui Kepala Dinas (Yayat) pada Jumat (14/4/23).
Dalam proses kegiatan satker Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa Kabupaten Tasikmalaya diwajibkan untuk memberikan informasi secara transparan dan akuntabel kepada masyarakat luas sebagaimana telah ditetapkan pada UU No 14 Tahun 2008 Keterbukaan Informasi Publik (KIP) dan PP 61 tahun 2010 tentang pelaksanaan keterbukaan informasi publik.
Ini yang membuat adanya dugaan bahwa Dinas Terkait disinyalir telah menyimpang dalam proses pelaksanaan kegiatan Belanja Bahan Baku untuk Kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) T.A 2022 sehingga terkesan menutup-nutupi dalam pemberian informasi secara transparan dan akuntabel. (tim)

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *