Pj Bupati Bekasi Dani Ramdan Bersama Kapolres Metro Bekasi Ajak Masyarakat Lestarikan Warisan Budaya

lensaperistiwa.com – CIKARANG UTARA

Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan bersama Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Twedi Aditya Bennyahdi, Dandim 0509 Kabupaten Bekasi, Letkol Inf. M. Horison Ramadhan, serta Jajaran TNI Polri, menyaksikan pagelaran wayang orang yang bertajuk “Pandawa Boyong”, bertempat di Polres Metro Bekasi Cikarang Utara, pada Minggu (15/1) malam

Saat menyaksikan wayang orang melalui _streaming_ youtube yang digelar di Teater Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta, Dani mengajak masyarakat khususnya anak-anak muda agar mengenal dan mencintai warisan budaya luhur di Kabupaten Bekasi. 

“Saya juga sebenarnya baru nonton wayang orang secara penuh dan ternyata menarik, jadi dengan sedikit canda dan sebagainya saya kira ini bisa menjadi kemasan yang menarik untuk anak-anak muda supaya mengenal dan mencintai warisan budaya luhur ini,” terangnya. 

Dani menuturkan, Bekasi mempunyai ragam budaya yang mencerminkan kearifan lokal. Untuk itu, semua jenis wayang termasuk wayang golek, wayang orang, wayang kulit, adalah warisan yang harus dijaga dan dilestarikan kebudayaannya. 

Dirinya menilai, terdapat pesan yang diusung dari pagelaran wayang orang ini. Selain pemainnya yang spektakuler, ceritanya pun juga penuh makna, salah satunya yakni mengisahkan bagaimana tanggung jawab seorang pemimpin dalam mengambil keputusan. 

“Jika mengambil keputusan dengan benar akan mensejahterakan rakyat dan jika salah bisa menyengsarakan rakyat bahkan menghancurkan negara. Saya kira itulah pesannya,” ucap Dani. 

Terakhir, dirinya juga mengapresiasi seluruh jajaran TNI Polri yang telah menyelenggarakan pagelaran wayang orang “Pandawa Boyong” guna melestarikan budaya kesenian wayang, yang merupakan kesenian asli Indonesia. 

“Saya sangat apresiasi sekali, sebuah kejutan dan prakarsa yang luar biasa dari Bapak Panglima TNI yang juga melibatkan seluruh staff, baik laut darat dan kepolisian untuk memainkan sebuah pagelaran kolosal wayang orang ini,” ujarnya.

58 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *