ini Alasan Mengapa Kemendagri Kembali Pilih Bogor Sebagai Tuan Rumah Rakornas Kepala Daerah

lensaperistiwa.com – JAKARTA

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengungkapkan alasan kembali memilih Kabupaten Bogor, Jawa Barat, sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah se-Indonesia.

“Selain sarana dan prasarana di Kabupaten Bogor yang menjadi pilihan kami, Kabupaten Bogor memiliki kapasitas ruangan yang begitu besar tepatnya di SICC (Sentul International Convention Center), karena peserta juga cukup banyak,” ungkap Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Benni Irwan, melalui keterangan tertulisnya, Senin (16/1/2023).

Menurut Benni, Kemendagri juga melihat rekam jejak Pemerintah Kabupaten Bogor dalam melaksanakan kegiatan berskala nasional yang kerap berjalan dengan aman dan lancar.

“Teman-teman kepala daerah juga ketika kembali ke daerahnya mendapat suatu nuansa yang bagus dan nyaman, bersosialisasi berkomunikasi dengan seluruh jajaran serta masyarakat di sekitar tempat kegiatan,” kata  Benni.

Benni berharap Rakornas yang akan berlangsung pada Selasa (17/1/2023) di SICC, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, itu dapat memberikan nilai tambah kepada Kabupaten Bogor di berbagai aspek kehidupan, terutama untuk aspek ekonomi.

“Kegiatan di Bogor akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD), karena hotel-hotel yang berada di sekitar kegiatan kita ini otomatis penuh semua. Kita sangat berterima kasih dan mengapresiasi kepada pemerintah dan masyarakat yang ada di Kabupaten Bogor,” kata Benni. 

Benni menambahkan,  Presiden RI Joko Widodo diagendakan membuka Rakornas Kepala Daerah tahun 2023 sekaligus memberikan arahan kepada peserta Rakornas.

Rakornas tahun ini mengangkat tema “Penguatan Pertumbuhan Ekonomi dan Pengendalian Inflasi”.

Rakornas tahun ini, kata Bennj, akan diisi materi mengenai pertumbuhan ekonomi dan pengendalian inflasi, investasi dan kemudahan perizinan, penanganan COVID-19, kekerdilan pada anak, kemiskinan dan jaring pengaman sosial, serta stabilitas politik, hukum, keamanan dan pengawasan dari para menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II.

Sebelumnya, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Bogor, Bayu Rahmawanto, menyatakan Pemerintah Kabupaten Bogor bangga, karena kembali menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional kepala daerah se-Indonesia.

“Rakornas kembali dilaksanakan di Kabupaten Bogor setelah sebelumnya Rakornas serupa pernah sukses dilaksanakan pada 2019,” kata Bayu.

Bayu mengatakan, Rakornas yang rencananya menghadirkan 2.800 orang itu akan ditutup Wakil Presiden, KH Ma’ruf Amin, yang juga dijadwalkan memberikan arahan kepada jajaran kepala daerah dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Fokopimda) se-Indonesia.

48 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *