Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Dorong Pemprov Lakukan Tangkap Darurat Pasca Gempa 7,9 SR

Lensaperiatiwa.com – Ambon

Pasca gempa bumi magnitudo 7,9 SR mengguncang Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) pada 09 Januari 2023. Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sardekut meminta, secepatnya melakukan tanggap darurat terkait dengan gempa bumi yang melanda dua Kabupaten itu hal itu ia, sampaikan kepada sejumlah wartawan di Ambon, Jumat (13/01/2023).

Dirinya menjelaskan, proses penanggulangan bencana secepatnya di kerahkan pada titik-titik rawan yang menjadi faktor utama gempa tersebut, ” secepatnya, agar masyarakat dapat merasakan langsung sentuhan Pemerintah.”

Gempa yang terjadi waktu itu, cukup amat besar oleh karena itu, harus di lakukan penanganan gempa oleh Pemerintah Pusat (Pempus), Pemerintah Provinsi Maluku lewat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Daerah (BNPB) serta Pemerintah Daerah Kabupaten setempat.

Di katakanya, pada saat gempa itu masyarakat dua Kabupaten, masih mengalami traoma pasca gempa 7,9 SR.

Lanjut, jika kita mengulas kembali kejadian gempa 2019 yang melanda Kota Ambon waktu itu, kata Sardekut tidak ada fenomena langkah muncul pulau baru namun, gempa bumi mengguncang dua Kabupaten Kepulawan Tanimbar (KKT) dan Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) muncul pulau baru.

” Saya berharap agar Gubernur Maluku Murad Ismail bisa secepatnya melakukan penanganan bencana terhadap warga yang terkena dampak gempa” dan juga melakukan pendataan korban gempa serta pendataan matrial fisik rumah atau bangunan yang roboh.

Komisi lll DPRD Provinsi Maluku akan lakukan kordinasi dengan instansi terkait guna membahas problematika gempa yang terjadi di dua Kabupaten itu tutupnya.

82 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *