Wali kota Ambon Lantik Raja Negri Laha

lensaperistiwa.com – Ambon

Kepala Pemerintahan Definitif Raja Negri Laha Kecamatan Teluk Ambon Kota Ambon Provinsi Maluku akirinya di lantik pada Kamis,(05/01/2023).

Proses pelantikan itu sesuai dengan SK Walikota Ambon no 14 tahun 2023 Muhamad Yasir Mawer telah di teguhkan dan di lantik sebagai raja Negri Laha yang sah oleh Walikota Ambon Bpk Bodewin M Wattimena.

Turut hadir dalam kegiatan pelantikan tersebut, Setda Maluku Sadli le, Komandan Lanut Pattimura, pnb Tiopan Hotapea Sekertaris Kota (Sekot) Ambon Agus Rirmase, Anggota DPRD Kota Ambon Sainal Azzar Bin Taher serta Perangkat OPD lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon dan undangan lainya.

Dalam sambutanya Walikota Ambon Bodewin M Wattimena menyampaikan, ada beberapa indikator yang perlu di pahami oleh Kepala Pemerintahan Raja Negri Laha serta saniri Negri, toko adat, staf Negri lainya.

“Pertama, Selalu menjaga kekompakan serta toleransi umat beragama dan keharmonisan orang basudara.”
Kedua, perlu ada kebersamaan dalam merawat pelestarian hukum adat yang samapi saat ini masih terus di jaga dan di lestarikan serta bisa memberikan cermin bagi Negri-Negri adat yang lain pada lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Wattimena menekan agar “budaya adat yang sampai dengan sekarang ini masih di jaga dan di lestarikan maka, perlu di jaga keapsaannya.”Ia mendukung budaya dan bahasa yang sampai dengan detik ini masih di lestarikan Negri Laha merupakan, Negri adat yang harus di jadikan contoh untuk Negri-Negri lain yang ada naungan pada Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon.

Ketiga Walikot meminta agar seluruh saniri Negri agar bisa, mengontrol serta melakukan pengawasan terhadap kinerja Kepala Pemerintahan yang baru saja di lantik agar bisa bekerja sesuai dengan poksi hukum yang berlaku.
Keempat, selalu menjaga Negri Laha agar selalu aman dan kondusif.Karena Laha adalah Negri yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

Kelima, agar bisa mendukung seluruh program yang telah berikan kepada penyelanggara kebijakan Pemerintah untuk program nasional yang di gagas dari Pemerintah Pusat (Pempus) sampai ke Pemerintah Daerah (Pembda). Tutur Walikota

Lanjut, dirinya meminta kepada Raja Negri Laha yang baru saja di lantik agar, ” jujur dan adil dalam memimpin batera Pemerintahan yang baik da jujur dan kebijakan yang telah di ambil sesuai dengan, asas dan mufakat guna memperkuat tali silaturahmi pintas, Walikota Ambon Bodewin M Wattimena.”

90 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *