Bawaslu RI Ingatkan KPU Untuk Terbuka Dalam Tahapan Penyelenggaraan Pemilu 2024

lensaperistiwa.com – JAKARTA

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI mengingatkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, agar membuka seluruh proses tahapan penyelenggaraan Pemilu 2024 kepada masyarakat.

Tujuannya, agar masyarakat mengetahui bahwa setiap tahapan pemilu telah dilaksanakan dengan baik oleh KPU RI, sehingga isu penundaan Pemilu 2024 dapat diredam.

Hal tersebut disampaikan  Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja melalui keterangan tertulisnya, usai diskusi media bertajuk “Catatan Kinerja Pengawasan Pemilu Tahun 2022 dan Proyeksi Tahun 2023” di Media Center Bawaslu RI, Jakarta, Kamis (5/1/2023).

“Keterbukaan tersebut dapat diterapkan oleh KPU RI dalam beberapa tahapan Pemilu 2024 yang sedang berlangsung saat ini. Di antaranya, pencalonan anggota DPD RI dan pemutakhiran data pemilih,” kata Rahmat.

Menurut Rahmat, baik KPU maupun Bawaslu sedang melakukan penyelenggaraan pemilu pada saat ini.

Rahmat menambahkan,  isu penundaan Pemilu 2024 yang ramai dibicarakan oleh berbagai pihak pada  2022 tidak boleh terjadi kembali di  2023.

“Saya kira itu isu 2022. Sekarang 2023, proses sedang berjalan sehingga tidak ada lagi isu-isu seperti itu dan kami kira isu-isu seperti itu isu tidak baik, tidak benar, dan insya Allah penyelenggaraan pemilu kita masih tetap on the track pada saat ini,” katanya. 

Selain Bagja, diskusi media yang digelar oleh Bawaslu RI dan Koalisi Pewarta Pemilu tersebut juga dihadiri oleh beberapa anggota Bawaslu, yakni Puadi, Lolly Suhenty, dan Herwyn J. H. Malonda.

36 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *