Petani Dan Kuwu Kongsi Jaya Kompak Buru Tikus Dilahan Sawah

lensaperistiwa.com – Indramayu.

Di musim tanam padi, para petani cenderung akan menghadapi bemacam hama diantaranya hama Tikus.

Para petani pun makin sigap untuk mengahadapinya dari ancaman serangan hama tikus.

Pasalnya, hama tikus sering kali memakan bibit padi yang baru ditanam, sehingga untuk menghadapi serangan hama tikus itu, para petani makin kompak untuk memburu tikus yang ngumpat di sarangnya yang dekat persawahan.

Kekompakan Para petani di pelopori oleh Kuwu dan Camat setempat. Kuwu Desa Kongsi Jaya, H. Sutarjo nampak ikut mensuport dalam kegiatan tersebut.

.” Alhamdulillah Para Petani Sedang gropyokan ( buru ) hama tikus, saya dan Camat Widasari Mensuprot giat Gropoyokan hama tikus, demi menunjang program ketahanan pangan.” Tuturnya di lokasi, Senin ( 26/12/2022)

Dari giat gropoyakan, puluhan tikus pun, berhasil ditangkap oleh para petani setempat, yang dilakukan dari pagi hingga siang hari

.” Dari pagi, Banyak tikusnya, ada puluhan tikus ketangkap, bangkainya nanti buat pakan ikan lele.” Ujar Saidi warga setempat

Sementara itu, Sidik, Camat Widasari kegiatan gropoyakan hama tikus diakui nya, dilakukan serentak oleh para petani lainnya, hal itu demi menimalisir rusaknya bibit padi.

.” Selain untuk menimalisir kerusakan bibit padi, tujuan giat gropoyakan hama tikus untuk menunjang program Ketahanan pangan, Insya Allah akab berkelanjutan di Desa lainnya.” Pungkas nya (bd)

75 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *