Kabupaten Garut Terus Tambah Perolehan Medali di Porprov Jabar XIV Tahun 2022

lensaperistiwa.com – Kabupaten Garut

Cabang Olahraga (Cabor) Sepak Takraw berhasil menyumbangkan satu medali untuk kontingen Kabupaten Garut dalam lanjutan perhelatan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat (Jabar) XIV Tahun 2022.

Tim Sepak Takraw Garut meraih medali emas, setelah berhasil menaklukkan Kabupaten Indramayu dengan skor akhir 2-1, yang di gelar di Gedung Bela Diri SOR R.A.A Adiwijaya, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut, Senin (14/11/2022).

Informasi ini disampaikan langsung oleh Humas Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Garut, Agus Barkah atau akrab disapa Abar.

“Kabar baik tersebut sungguh sangat disambut antusias oleh para insan olahraga khususnya, dan umumnya masyarakat Kabupaten Garut ya, tidak terlewat oleh para anggota kontingen, para pejabat KONI, pejabat Kabupaten Garut juga sangat menyambut antusias terkait dengan perolehan medali yang didapatkan di hari Senin tanggal 14 November ini ya,” ujar Abar.

Abar memaparkan kabar membanggakan juga hadir di cabor renang yang dilaksanakan di Gedung Akuatik Talaga Bodas, di mana atlet Garut dari Nomor Renang Gaya Punggung 50 meter atas nama berhasil meraih medali perak.

Menurut Abar, untuk cabor renang ini banyak diisi oleh atlet-atlet yang sudah memiliki level Pekan Olahraga Nasional (PON) juga Seagames. Sehingga, bisa meraih medali perak di cabor renang ini menjadi suatu kebanggaan dan kabar yang menggembirakan.

“Ini adalah kabar yang sangat menggembirakan ya, karena hadirnya venue akuatik Talaga Bodas ini, justru memberikan motivasi terhadap atlet-atlet asli daerah Kabupaten Garut, yang notabene selama ini mereka latihan di kolam-kolam yang tidak memiliki spesifikasi kolam renang standar kolam prestasi yaitu 25 meter, sedangkan di venue akuatik saat ini, sangat memenuhi kualifikasi kolam renang bertaraf internasional, dan ini sangat menggembirakan kita dengar informasi ini,” paparnya.

Selain itu, lanjut Abar, Kabupaten Garut juga berhasil meraih medali perunggu dari cabor soft tenis yang diselenggarakan di Kabupaten Ciamis.

Perolehan medali Kabupaten Garut bisa terus bertambah, terlebih ada beberapa cabor unggulan Kabupaten Garut yang akan segera bertanding seperti tarung derajat dan arung jeram.

Hari ini juga, atlet Kabupaten Garut mengikuti beberapa cabor lain, salah satunya yakni cabor basket 5×5 putri. Namun, tim Kabupaten Garut harus mengakui keunggulan tim Kabupaten Bandung, dengan skor akhir 39-66.

Sebelumnya juga, Kabupaten Garut berhasil meraih 3 medali  emas dan 2 medali perunggu dari cabor arung jeram serta gulat, yang bertanding di hari Minggu (13/11/2022).

Untuk cabor arung jeram yang dilaksanakan di Sungai Cimanuk Kabupaten Garut, para atlet berhasil meraih 2 medali emas di nomor R4 Sprint (putri) dan R4 Sprint (Mix) serta 1 medali perunggu dari nomor 6 sprint (putri).

Sekretaris Pengurus Cabang (Pengcab) Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI) Kabupaten Garut, Dik Dik, mengaku gembira dengan raihan medali yang didapatkan oleh atlet arung jeram Kabupaten Garut, dan ia berharap ini bisa menjadi kebanggaan bagi Kabupaten Garut.

“Mudah-mudahan kedepannya di sisa waktu 5 hari lagi, (atlet arung jeram bisa) meraih medali yang sebanyak-banyaknya, dan itu menjadi optimisme kami sebagai cabor yang dibawah KONI, mudah-mudahan kebanggaan dan harapan optimisme menjadi banyak peraihan medali emasnya,” ujar Dik Dik saat diwawancara via aplikasi Whatsapp, Senin (14/11/2022). 

Sementara untuk cabor gulat yang diselenggarakan di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kontingen kebanggaan kota intan ini berhasil merengkuh 1 medali emas dari kelas gaya greco roman 63 kg (putra) atas nama Ade Fajar Sidik, dan 1 medali perunggu dari kelas gaya bebas 47 kg (putri) atas nama Tarwiyah.

Pelatih Kepala Tim Gulat Kabupaten Garut, Riana Abas, menuturkan untuk cabor gulat ini, pihaknya menargetkan bisa meraih 2 medali emas, namun dirinya tetap berharap target tersebut bisa terlampaui.

“Untuk harapannya ya mudah-mudahan ke depan kalau anak-anak ini masih eksis di Kabupaten Garut, dia masih mau memperkuat Kabupaten Garut, anak-anak inikan untuk ke depan masih banyak yang main anak-anak, jadi itu harapannya semoga atlet Gulat Kabupaten Garut, di hari-hari berikutnya hari Selasa, Rabu, dan Kamis itu mendapatkan atau menyumbangkan medali emas,” tandasnya.

Hingga Senin, 14 November 2023 pukul 23.09 WIB, Kabupaten Garut berhasil mengumpulkan 29 medali dengan rincian 9 medali emas, 6 medali perak, dan 14 medali perunggu, dengan berada di posisi ke-13 pada klasemen sementara perolehan medali Porprov Jabar XIV Tahun 2022. 

40 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *