Polsek Semaka Bersama TNI dan Warga Bersih Rumah Terdampak Longsor

lensaperistiwa.com – Tanggamus

Pasca terjadinya hujan deras mengakibatkan bencana tanah longsor menimpa rumah Satimin (49) seorang warga di Dusun Kuyu Ngarang Pekon Sedayu Kecamatan Semaka Tanggamus, Kamis, 27 Oktober 2022.

Kapolsek Polsek Semaka Polres Tanggamus AKP Ketut Gister mengungkapkan, pihaknya bersama TNI Koramil Wonosobo dan warga telah melakukan pembersihan material yang menerjang rumah korban.

“Atas peristiwa tersebut kami bersama pihak terkait telah melakukan pembersihan meterial yang menimpa rumah warga tersebut,” ungkap AKP Ketut Gister mewakili Kapolres Tanggamus Polda Lampung AKBP Satya Widhy Widharyadi, S.I.K., M.K.P.

Sambungnya, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun korban Satimin mengalami kerugian matrial sekitar Rp3 juta.

Kapolsek menjelaskan, kronologis kejadian bermula pukul 06.00 WIB ketika korban dan keluarga posisi masih di dalam rumah sedang menunggu hujan reda.

Kemudian pada pukul 06.30 WIB dari belakang rumah terdengar kayu patah disertai tanah bergerak, setelah ia melihat, dapur rumah sudah roboh dan tertimpa pohon tanah akibat longsor, tepat di bagian dapur.

“Korban Satimin kemudian berteriak menyuruh anak dan istrinya keluar dari rumah untuk menghindari sesuatu yang tidak di-inginkan,” jelasnya.

Kapolsek menambahkan, selain terjadi longsor di wilayah hukumnya juga terjadi banjir di beberapa pekon yang berdekatan dengan aliran kali way semaka ailiran way semaka yang menggenangi beberapa rumah warga setinggi 30 sampai 40 cm.

“Luapan banjir terjadi hingga sore hari di Pekon Kanoman, Sudimoro, Sidodadi, Tugurejo, Karang Rejo dan Kacapura,” tandasnya. (Amrizal)

66 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *