Festival Gebyar Mer-Desa Diharapkan dapat Mengedukasi Perangkat Desa

lensaperistiwa.com – CIKARANG TIMUR

Asisten Pemerintahan dan Kesra (Asda 1) Kabupaten Bekasi, Sri Enny Mainiarti, membuka acara Festival Gebyar Mer-Desa yang di gelar oleh Patriot Desa sebagai program unggulan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Jawa Barat, di Graha Pariwisata, Komplek Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, Kamis (27/10/2022).

Sri Enny mengatakan, kegiatan tersebut diharapkan dapat mengedukasi para perangkat desa di Kabupaten Bekasi untuk memanfaatkan potensi di wilayahnya masing-masing. 

“Ya, kegiatan hari ini sengaja mengundang para camat dan kepala desa, untuk diajak mereview kembali perencanaan dan tujuan kemandirian desa. Semua stakeholder yang ada di desa harus bersama-sama dalam penyusunan perencanaan dan pelaksanaannya nanti,” ungkapnya. 

Enny juga mengatakan, setiap desa harus memanfaatkan sumber daya yang ada, sehingga nanti pengembangan desa bisa lebih maksimal.

“Ya, banyak potensi yang bisa digali di desa, baik dari SDM dan lainnya. Sehingga kami hari ini duduk bareng, agar bisa meningkatkan kualitas perencanaan desa melalui pendekatan partisipatif yang holistik menuju kemandirian desa di Kabupaten Bekasi, ” ujarnya. 

Sebuah desa yang mandiri, kata Enny, bisa lebih leluasa untuk mengembangkan wilayahnya, sehingga akan meningkatkan kualitas SDM-nya. 

“Nanti kalau desanya lebih mandiri akan memiliki kontribusi yang lebih besar untuk pembangunan desa dan masyarakatnya. Jadi tidak harus menunggu arahan dari Pemkab atau Pemerintah Pusat,” terangnya.(IMANUEL M)

52 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *