Wamenkumham Edward Meminta Pihak Rutan Tingkatkan Pembinaan Warga Binaan

lensaperistiwa.com – Jakarta

Wakil Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Wamenkumham), Edward Omar Sharif Hiariej, meminta pihak rumah tahanan (rutan) dan lembaga pemasyarakatan (lapas) meningkatkan pembinaan dan bimbingan kerja kepada warga binaan.

“Pembinaan dan bimbingan kerja yang telah berjalan di Rutan Kelas IIA Palangka Raya ini semoga bisa terus berjalan dan semakin maju,” kata Wamenkumham Edward, melalui keterangan tertulisnya, usai kunjungan ke Rutan Kelas II A di Palangka Raya, yang didampinhi Kakanwil Kemenkumham Kalimantan Tengah (Kalteng) Hendra Ekaputra, Selasa (251/10/2022).

Wamenkumham yang akrab disapa Eddy itu menambahkan, bimbingan kerja juga harus disesuaikan dengan minat dan bakat, sehingga nantinya dapat dijadikan bekal warga binaan saat kembali di tengah  masyarakat.

“Karena hal itu tentunya pembinaan dan bimbingan kerja memberikan dampak positif bagi warga binaan,” katanya.

Wamenkumham Eddy berkesempatan mencicipi kue cokelat buatan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Wamenkumham Eddy berharap kualitas, kebersihan serta cita rasa kue olahan WBP mampu dipertahankan, sehingga semakin memperluas jangkauan pemasaran.

Selain mengunjungi Rutan Kelas IIA Palangka Raya, Wamenkumham Eddy juga mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas I Non Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Palangka Raya, dan Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palangka Raya.

“Kunjungan kami ke tiga UPT di lingkungan Kanwil Kemenkumham Kalteng itu untuk melihat pelayanan masyarakat yang diberikan. Hasilnya semua bagus, bahkan sebagian juga ada yang menerapkan layanan digital. Fasilitas juga sangat mendukung pelayanan,” katanya.

Pada rangkaian kunjungan kerja itu, Wamenkumham Eddy juga akan melaksanakan program Kumham Goes to Campus yang dipusatkan di Universitas Palangka Raya (UPR).

Kumham Goes to Campus itu merupakan ajang sosialisasi Rancangan Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (RKUHP), dan untuk menjaring aspirasi mahasiswa yang diadakan di sejumlah provinsi di Indonesia.

Khusus Pulau Kalimantan, Kalimantan Tengah menjadi satu-satunya provinsi yang dipilih untuk pelaksanaan kegiatan ini.

“Saya mengucapkan terima kasih atas kinerja jajaran Kanwil Kemenkumham Kalteng dan semoga Kanwil Kemenkumham Kalteng dapat meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani di 2023 mendatang,” katanya.
61 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *