Mendagri Harapkan Warga Bercocok Tanam untuk Antisipasi Harga Pangan

lensaperistiwa.com – jakarta

Menteri Dalan Negeri (Mendagri), M. Tito Karnavian, mengharapkan masyarakat agar bercocok tanam untuk mengantisipasi ketidakstabilan harga bahan pangan.

Hal tersebut disampaikan Mendagri Tito melalui keterangan tertulis, saat menghadiri acara Hari Kesatuan Gerak (HKG) Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) ke-50 di Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri), Selasa (8/3/2022).

“Indonesia dikaruniai berkah luar biasa, sebab berbagai jenis tanaman dapat tumbuh dengan mudah di sini, karena itu kita harus bisa memanfaatkannya dengan menanam tanaman di perkarangan rumah,” ujar Tito.

Dalam kesempatan tersebut, Tito didampingi Gubernur Kepri Ansar Ahmad, menanam bibit pohon belimbing wuluh dan bibit pohon jambu batu di kebun TP-PKK yang berada di lingkungan perkantoran Pemprov Kepri di Pulau Dompak.

Tito juga menyebut TP-PKK dapat menjadi lokomotif gerakan di tingkat keluarga tentang pentingnya menanam tanaman di perkarangan rumah.

“Karena PKK punya 10 program pokok yang salah satunya adalah pangan, maka dari itu penting bagi PKK selalu menggerakkan semangat menanam di rumah,” sebutnya.

Senada, Ketua Umum TP-PKK Tri Tito Karnavian mendorong para ibu bisa mandiri dengan menanam cabe maupun sayur-sayuran di depan pekarangan rumah guna menghadapi kenaikan harga sembako di pasaran.

Selain itu, kata Tri Tito, pekarangan rumah warga juga dapat dijadikan taman bunga, dan dengan pengelolaan yang apik diharapkan bisa memberikan nilai tambah ekonomi bagi pengelolanya.

270 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *