Tol Manado Bitung Menumbuhkan Sentra Ekonomi Baru

lensaperistiwa.com – Jakarta

Sepanjang 39,8 kilometer (km), ruas jalan tol Manado-Bitung telah selesai dibangun oleh pemerintah. Sehingga, dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang dal berbagai kegiatan produktif di masa mendatang. 

“Seluruh ruas jalan Manado-Bitung tuntas dibangun dan siap dipergunakan oleh masyarakat,” ujar Presiden Joko Widodo ketika meresmikan ruas tol Manado-Bitung seksi Danowudu, Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) pada Jumat (25/2/2022). 

Menurut Presiden, melalui infrastruktur jalan tol yang dibangun oleh pemerintah itu akan membuat alur logistik antara Kota Manado dan Kota Bitung menjadi lebih cepat. Kini, jarak tempuh antara kedua wilayah itu dapat ditempuh dalam waktu 30-35 menit. 

Dengan begitu, akan mempermudah arus logistik antara dari sentra-sentra perekonomian yang terletak di dua wilayah tersebut. Kemudian, mobilitas pergerakan orang juga akan semakin mudah dengan adanya infrastruktur tersebut. 

“Dari yang sebelumnya jarak tempuh bisa memaksa waktu sekitar 2 jam, adanya tol ini membuat jarak tempuh sekitar 30-35 menit,” kata Presiden. 

Adanya infrastruktur jalan tol itu, lanjut Presiden, akan mendorong sentra-sentra perekonomian baru di kawasan Sulut dalam beberapa waktu ke depan.  Sehingga, dapat berdampak positif terhadap kesejahteraan masyarakat di sana. 

Dengan begitu, peluang pertumbuhan perekonomian kawasan Sulut dapat kembali melebihi angka rata-rata pertumbuhan ekonomi nasional dapat terjadi kembali. Melalui dukungan dari infrastruktur tol yang dibangun tersebut. 

“Pada 2021, pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara memang di atas pertumbuhan ekonomi nasional,” pungkas Presiden.

169 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published.