Kemendikbudristek Tempati Posisi Ketiga Pelaksana Anggaran Terbaik 2021

lensaperistiwa.com – jakarta

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berhasil meraih peringkat ketiga sebagai kementerian/lembaga (K/L) terbaik, pada penilaian kinerja pelaksanaan anggaran tahun 2021 untuk kategori K/L besar.

Kemendikbudristek mencatatkan nilai 82,25, di bawah Kementerian Pertahanan yang meraih nilai 94,59 pada posisi pertama, dan Kepolisian Republik Indonesia dengan nilai 91,67 pada posisi kedua. Di samping itu, salah satu satuan kerja di lingkungan Kemendikbudristek yaitu Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan menjadi peringkat pertama untuk kategori satuan kerja dengan anggaran Rp1 triliun sampai dengan Rp10 triliun.

Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kemendikbudristek, Suharti menyampaikan rasa syukur dan bangganya atas capaian ini. Menurutnya, hasil tersebut tak lepas dari kolaborasi kinerja yang baik serta terus menerus  dikembangkan dan dipantau secara berkesinambungan sehingga kinerja pelaksanaan anggaran dapat ditingkatkan.

“Terima kasih kepada semua jajaran di lingkup Sekretariat Jenderal dan Kemendikbudristek secara umum yang terus menjaga semangat akuntabilitas dan profesionalisme kerja pada pelaksanaan anggaran tahun 2021,” ucap Suharti, seperti dikutip dalam rilis Kemendikbudristek di Jakarta, Jumat (25/2/2022).

Ketika menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu), secara daring, Selasa (23/2) Suharti menyampaikan, penilaian yang menempatkan Kemendikbudristek di posisi ketiga ini dilakukan berdasakan Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA), yaitu indikator yang ditetapkan Kemenkeu selaku Badan Usaha Negara (BUN) untuk mengukur kualitas kinerja pelaksanaan anggaran belanja kementerian negara/Lembaga dari empat sisi.

Pertama adalah kesesuaian terhadap perencanaan, kedua adalah efektivitas pelaksanaan anggaran, ketiga adalah efisiensi pelaksanaan anggaran, dan keempat adalah kepatuhan terhadap regulasi.

Nilai IKPA K/L sendiri merupakan hasil perhitungan berdasarkan data transaksi IKPA pada seluruh satker pada tiap unit eselon I dalam lingkup K/L tersebut. Salah satu indikator yang terkait dengan penyelesaian retur tahun anggaran (TA) 2021, kategori Zero Retur SP2D Non-UP lingkup Non-TNI dan Polri berturut-turut dari peringkat pertama, yaitu Lembaga Sensor Film, Sekretariat Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, serta Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra.

“Saya berharap, prestasi ini menjadi penyemangat bagi kita semua untuk senantiasa meningkatkan kinerja, pelayanan, dan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara di tahun-tahun mendatang,” tutup Sesjen Suharti.

316 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *