Pameran Adi Wastra Nusantara Dukung UMKM Bangsa

lensaperistiwa.com – jakarta

Dukung ekonomi kreatif dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) bangsa, Pameran Adi Wastra Nusantara hadir untuk mengenalkan kain adati unggulan nusantara yang diselenggarakan pada 9-13 Februari 2022, di Jakarta Convention Centre.

“Acara seperti itu, bagus untuk melestarikan budaya bangsa, khususnya anak muda yang akan meneruskan tradisi ini,” ungkap Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut B. Pandjaitan, saat mengunjungi¬† salah satu stan di pameran tersebut, Sabtu (12/2/2022).

Menko Luhut, mengapresiasi kegigihan para pegiat UMKM yang terus mempromosikan usahanya di tengah pandemi yang melanda.

“Tadi saya lihat kain-kain adati dari berbagai daerah, sebetulnya kain-kain ini sangat merepresentasikan kesatuan bangsa, tidak melihat latar belakang daerahnya,” imbuh Menko Luhut.

Di masa ini, banyak produksi umkm tradisional yang sudah menyatukan ciri khas nusantara di dalam karyanya. Hal ini yang dijunjung tinggi demi menciptakan persatuan bangsa.

Menko Luhut menambahkan dalam sisi produksi, tidak hanya kain, produk lainnya seperti furnitur, perhiasan, alat kesehatan wajib pengadaannya tidak impor lagi, “Jadi kita junjung tinggi produk dalam negeri, tidak hanya memfasilitasi penjual, pemerintah juga harus memikirkan pembeli, maka dari itu kita harus gencarkan produksi dalam negeri agar semakin menarik peminat dalam negeri,” tegasnya.

Dalam pameran ini, Menko Luhut mengelilingi beberapa stand pegiat UMKM dan menikmati hasil-hasil karya yang ada, “Pameran ini sudah terselenggara selama 13 tahun, dan menjadi saksi bisu dari perjalanan berbagai UMKM yang ada,” pungkas ketua pelaksana, Edith Ratna.

Tidak lupa, Menko Luhut membawa pulang beberapa barang seperti kain batik khas Padang, baju bordir khas Tasikmalaya, Batik Pekalongan, kain khas NTB, dan lainnya.

Ke depannya diharapkan berbagai UMKM Nusantara dapat terus menjadi tulang punggung bagi perekonomian bangsa dan terus melestarikan budaya tradisional Indonesia.

426 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *