Pembobol Toko di Medan Ditangkap Polisi Hasil Curian Buat Beli Sabu

lensaperistiwa.com – Medan

Dua orang pembobol toko di Medan, Sumatera Utara ditangkap polisi. Kepada petugas, mereka mengaku mencuri untuk mendapatkan uang beli sabu.

“Petugas telah melakukan penangkapan terhadap tiga orang pelaku pencurian dengan pemberatan (bongkar toko) dan penadahan,” kata Kasatreskrim Polrestabes Medan, Kompol Muhammad Firdaus, Selasa (8/2/2022).

Kedua pelaku yakni MD (23) dan DHK (64). Selain mereka, petugas juga menangkap seorang penadahnya yakni SU (45)

Firdaus menjelaskan peristiwa itu terjadi pada Senin (11/1). Saat itu korban datang ke toko ya di Jalan Binjai KM 12 dan masuk ke dalam melihat tutup seng sudah terbuka.

Lalu, korban mengecek ke bagian lain dan ternyata CCTV, barang-barang jualan di tokonya telah hilang. Dia pun langsung membuat laporan ke Polrestabes Medan.

Petugas kemudian melakukan penyelidikan dan mendapat identitas pelakunya yang diketahui ada dua orang yakni RS dan MD.

Pada Sabtu (6/2), mengetahui keberadaan MD yang sedang di Jalan Binjai KM 12. Petugas pun langsung bergerak dan menangkapnya.

“Tim mengamankan MD. Saat diinterogasi, MD mengakui telah mencuri di toko korban bersama temannya RS dan DHK,” sebut Firdaus.

Petugas melakukan pengembangan terhadap DHK, dan menangkapnya di Jalan Pembangunan, Desa Purwodadi. DHK juga mengakui perbuatannya sementara RS masuk DPO.

Para pelaku mengaku barang hasil curiannya itu berupa bor sebanyak tiga unit, 5 unit gerinda, diberikan kepada J untuk dijualkan. Petugas lalu ke kediaman J tapi dia tak berada di rumah.

Petugas mengintrogasi kembali para pelaku, mereka mengaku menjual curiannya itu kepada SU. Petugas pun menangkap SU.

Petugas terus melakukan pengembangan dan MD mencoba melawan petugas sehingga kakinya ditembak polisi. Kepada polisi, mereka mengaku bahwa otak pelakunya adalah E (DPO) yang merupakan residivis.

“Motifnya mendapatkan uang kebutuhan sehari-hari dan membeli sabu (narkoba). Sedangkan modusnya melakukan pencurian dengan cara menggunting seng toko lalu masuk ke dalam dan mengambil barang di dalamnya,” ucap Firdaus.

Akibat perbuatannya para pelaku bakal dijerat dengan Pasal 363 dan 340 KUHP.(gilangNawawi)

369 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *