Perkuat Kerukunan Umat Beragama Bupati Sumbawa Silaturrahim dengan WKRI

lensaperistiwa.com – Sumbawa

Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah berkesempatan melakukan silaturrahim dengan Wanita Katolik Republik Indonesia (WKRI) Dewan Pengurus Cabang Sang Penebus Sumbawa, Selasa (8/2) di Aula Diponegoro Sumbawa Besar. Turut hadir pada acara tersebut, Pastor Paroki Sang Penebus Sumbawa, Asisten Administrasi Umum Sekda Sumbawa, sejumlah Kepala OPD, Ketua FKUB, Ketua FKLE, Camat Sumbawa, Organisasi Wanita, serta Tokoh Agama dan Jemaat Katolik.

Bupati Sumbawa dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat atas terbentuknya WKRI Sumbawa, dan berharap WKRI mampu berperan besar dalam memajukan generasi yang unggul dan berkualitas sejak dari keluarga, masyarakat dan gereja.

“WKRI harus berperan dalam menguatkan pendidikan karakter dan membina masa depan generasi muda,” ujar Bupati.

Selain itu, Bupati juga berharap WKRI dapat menjadi “jembatan” antara masyarakat dan pemerintah dalam peningkatan ekonomi masyarakat.

“Jalin kemitraan dengan organisasi-organisasi wanita lainnya seperti PKK, Dharma Wanita, GOW dan lain sebagainya, agar program-program yang dilaksanakan dapat bersinergi dan saling menguatkan,” sebut Bupati.

Disampaikan Bupati bahwa Pemerintah Daerah memberikan perhatian yang besar pada peningkatan kualitas kehidupan beragama, yang harus didukung oleh kesadaran umat beragama untuk meningkatkan saling pengertian, toleransi, dan kerjasama antar umat beragama.

“Kita tidak boleh tercabik-cabik oleh perbedaan, apalagi oleh kebencian dan kekerasan. Justru sebaliknya, kita akan terus kuat karena kita mengelola perbedaan dengan rasa hormat dan cinta di dalamnya,” jelas Bupati.

Sementara itu, Ketua WKRI Kabupaten Sumbawa, Maria Ice Aban dalam laporannya menyebutkan, WKRI Kabupaten Sumbawa terbentuk pada Tanggal 13 November 2021. Adapun Visi WKRI adalah menjadi organisasi yang mandiri, bersifat sosial aktif, memiliki kekuatan moral dan kemampuan yang handal dalam menjalankan karya-karya pengabdian mewujudkan kesejahteraan bersama serta menegakkan harkat dan martabat manusia.

Visi tersebut diimplementasikan melalui 4 misi utama WKRI, yaitu : 1. Mengembangkan kemampuan serta memberdayakan seluruh jajaran WKRI, guna meningkatkan kualitas pengabdian dalam masyarakat. 2. Menghimpun aspirasi dan mengaktualisasikan potensi WKRI agar karya pengabdian terwujud secara optimal dan berkesinambungan.

3. Memperjuangkan kesetaraan dan keadilan gender dalam seluruh dimensi kehidupan. 4. Mengupayakan lingkungan hidup yang seimbang.

Acara silaturrahim Bupati Sumbawa dengan WKRI berlangsung hangat, ditandai dengan dialog bersama WKRI dan beberapa perwakilan Umat Katolik, di antaranya Romo Woda PR perwakilan Dunia Pendidikan, Suster Betrik dari Klinik Sinar Harapan, dan Tokoh Gereja Romo Klemes Bere PR.

Pada kegiatan itu juga diserahkan bantuan berupa 1.000 buah masker medis, disinfektan, hand sanitizer, sabun cair dan batang dari Bupati Sumbawa yang diterima secara simbolis oleh Ketua WKRI Sumbawa dan juga Pastor Paroki Sang Penebus Sumbawa.

Setelah acara usai, Bupati juga berkesempatan mengunjungi sekolah-sekolah di bawah naungan Yayasan Katolik, serta berdialog dengan para guru dan siswa

361 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *