Camat Karangbahagia Dorong Wilayahnya Menjadi Basis Produksi Pertanian

lensaperistiwa.com – KARANGBAHAGIA

Kecamatan Karangbahagia merupakan wilayah yang memiliki lahan pertanian yang luas. Karena itu pemerintah setempat terus mengupayakan agar sektor pertanian sebagai basis ekonomi masyarakat tetap eksis.

Camat Karangbahagia, Karnadi mengatakan, untuk mendorong konsep penguatan wilayah pertanian, pihaknya mempertahankan 2 desa, yaitu Karangmukti dan Karangsatu, agar dalam Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) tidak mengalami perubahan.

Kita memberikan konsep, dua desa ini jangan sampai terjadi perubahan RTRW khususnya Desa Karangmukti dan Desa Karangsatu,” terang Karnadi di kantornya pada Selasa, (25/01/2022).

Karnadi menjelaskan luas lahan hijau yang ada di Kecamatan Karangbahagia sekitar 2.600 hektar, yang sebagiannya berada di dua desa tersebut dengan luas sekitar 1.200 hektar. Dengan rincian, Desa Karangmukti sekitar 600 hektar, dan Karangsatu sekitar 500 hektar. 

Untuk desa lain seperti Desa Karangbahagia sekitar 300 hektar dan sisanya ada di Desa Karanganyar dan Desa Karangsetia,” terangnya.

Menurut Karnadi, untuk mempertahankan wilayah pertanian harus ada upaya penguatan terhadap Petugas Penyuluh Pertanian di wilayah tersebut.

“Kuatkan saja sumber daya penyuluh pertanian. Ini adalah konsep bagaimana meningkatkan intensifikasi dari pertanian ke depan,” tuturnya.

Karnadi melanjutkan, hasil produksi panen di Desa Karangmukti terbilang cukup produktif. Pada musim tanam lalu tercatat per hektar mencapai 8 ton. Hasil tersebut merupakan yang terbanyak dibandingkan desa lain.

Alhamdulillah Desa Karangmukti, hasil panennya perhektar 8 ton, Karangsatu 7,5 ton/hektar, Karangbahagia 6,3 ton/hektar dan yang lainnya tidak jauh berbeda dengan Karangbahagia, tapi yang bagus di Karangmukti dan Karangsatu,” jelasnya

Dia berharap ke depan, hasil produksi pertanian di wilayahnya terus meningkat, minimal bertambah 1 ton dari hasil panen saat ini. Hal ini dapat dicapai dengan mengintensifikasikan Petugas Penyuluh Pertanian yang ada di Kecamatan Karangbahagia.’(Gilang-nawawi)

309 views

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *