“ENAK” (Endang – Asep Kuncir) belum memenuhi syarat dukungan sebagai pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

lensaperistiwa.com -Karawang

Hal itu diketahui saat Rapat Pleno Rekapitulasi hasil Verfak (Verifikasi faktual) syarat dukungan bakal pasangan jalur independen perseorangan tingkat Kabupatem Karawang pada Pemilihan Bupati dan Wakkil Bupati Karawang Tahun 2020.” Senin (20/7/2020) siang, di aula kantor KPUD Karawang.

 

Ketua KPUD Kabupaten Karawang, Miftah Farid menyebutkan, pihaknya sudah melakukan verifikasi faktual terhadap calon jalur independen mulai dari tingkat kecamatan sampai dengan tingkat kabupaten. Menurutnya, syarat dukungan calon jalur independen perseorangan yang sudah terverifikasi sebanyak 67.619 suara yang dibuktikan oleh KTP. Namun mengacu kepada aturan UU pemilihan I Tahun 2015 sebagaimana telah diubah dalam UU No.8 Tahun 2015 dan UU No.10 Tahun 2016, syarat dukungan bagi calon jalur independen perseorangan harus mencapai 6,5 % dari DPT (Daftar Pemilih Tetap) atau sebanyak 108.548 suara.

 

“Jadi calon jalur independen perseorangan pasangan ENAK ini masih kekurangan sebesar 40.929 suara,” kata Miftah Farid.

 

Ia menambahkan, kekuranganya sebesar 40.929 suara dikali dua menjadi 81.858 suara. Pihaknya memberikan waktu selama seminggu dari sekarang untuk memenuhi kekurangan tersebut.

 

Sementara itu H. Yusuf Syahrudin, selaku Law Officer (LO) calon jalur independen perseorangan mengakui, pihaknya merasa berat dan pesimis untuk memenuhi kekurangan syarat dukungan sebanyak 81.858 suara hanya dalam waktu seminggu.

 

“Kita saat ini belum bisa memberikan keputusan untuk memenuhi kekurangan itu. Sepenuhnya keputusan itu ada di tangan calon jalur independen perseorangan”. Imbuhnya.

( UCI )

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

Facebook comments:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *