Kapolsek Widasari Terbitkan Kartu KSB Satpam Diduga Tanpa Seijin Kapolres

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3

lensaperistiwa.com Indramayu

Kapolsek Widasari, AKP Joni S.H kembali bikin terkejut publik, pasalnya ia dinilai telah berani dalam kebijakannya dan kewenangannya mengeluarkan pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) Satpam berupa Kartu Satpam Binaan sejak Januari 2020.

Terlihat Kartu Satpam Binaan (KSB) yang diterbitkan ada kop PoldaJawa Barat, Resort Indramayu dan dibawahnya Sektor Widasari, serta dipojok kiri ada setempel Polsek dan di tanda tangani olehnya.

Sehingga kalangan elemen Lembaga menilai keputusan pembuatan kartu KSB itu telah menyalahi kewenangannya dalam pembuatan Kartu Tanda Anggota (KTA) Satpam perorangan di beberapa perusahan di wilayahnya tanpa ada kordinasi dengan atasannya baik Kapolres atau Dir Binmas Polda Jabar.

Bahkan nekadnya lagi terhendus isu ada dugaan, AKP Joni S.H membuat KTA Satpam tersebut dengan memungut biaya Rp.100.000 (Seratus Ribu Ripiah) perorang Satpam.

Sedangkan menelisik aturan prosedur dan wewenang yang mengeluarkan KTA Satpam seyogyanya ada sepengetahuan Dir Binmas Polda Jabar dan ada pelatihan dasar dasar kesamaptaan dan bukannnya Kapolsek yang ngeluarkan KTA Satpam atau yang lainnya.

Sementara itu Kapolres Indramayu AKBP SUHERMANTO,S.I.K.,M.Si dalam via chet nya, hanya bisa menjawab berterima kasih atas info dan akan menindak lanjutinya tanpa ada keterangan lain.

“Terimakasih infonya ya,. Segera ditindak lanjutin.” Terangnya dalam chet via Wachaap, Selasa ( 28/04/2020).

Ditempat terpisah, Suparno dari Ketua Lembaga Investigasi Negara DPC Kab,Indramayu hanya bisa menanggapi kewenangan apapaun dilandasi dengan dasar hukum.

” Ya apapun itu keputusan kebijakan dan kewenangan harus melihat dasar hukum, disini ada dasar hukum Perkap Nomer 24 Tahun 2007 tentang Sistem Manajemen Pengamanan Organisasi, Perusahaan dan atau Instansi / Lembaga Pemerintah, dan itu jelas ada pasalnya dan aturannya.” Pungkasnya

Selain itu, Suparno juga sempat bertanya balik, dengan pertanyaan.

“Apakah Kapolsek lainnya mengeluarkan Kartu KTA tersebut.” Ucapnya

Dengan pernyataan tersebut, Kapolsek lain yang sempat dihubungi menyatakan KTA Satpam wewenang Sat Binmas.

” Itu mah wewenang Sat Binmas, diwilayah kami tidak mengeluarkan KTA Satpam, hanya saja kami menghimbau kepada perusahaan untuk merekrut Satpam sesuai aturan yang ada.” Ujar Salah Satu Kapolsek yang enggan disebut namanya.

Suparno Ketua LIN DPC Kab,Indramayu memastikan bukti gambar KTA KSB yang disimpannya merupakan langkah awal untuk mengusut apa motiv dan tujuannya, tapi pendalaman yang berhak meriksa adalah Provos dan Paminal (Propam).

Hingga berita ini muncul, belum ada tanggapan dari Kapolsek Widasari AKP Joni SH. Bersambung (Bd)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
3
Avatar
Author: lensaperistiwa

Facebook comments:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *