Pemkab Indramayu Gelar Apel Siaga Darurat Bencana Banjir Dan Longsor

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

lensaperistiwa.com  Indramayu

Menghadapi antisipasi bencana,serta menjaga bumi dari ancaman musibah bencana, Pemkab Indramayu menggelar Apel Pasukan dan Peralatan siaga Darurat Banjir Dan Longsor di Alun-alun Kabupaten Indramayu, Rabu (15/1/2020).

Selain itu, Pemkab Indramayu juga melakukan penetapan Pengurus Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRRB) Periode 2020-2025.

Giat tersebut bertindak selaku Pembina Apel Plt Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat SH, untuk Komandan Upacara AKP Tokhari SH, Perwira Apel Pasi Pers Kodim 0616/Indramayu Lettu Inf Waryadi,

Sedangkan Apel Siaga Bencana ini juga, dihadiri oleh Kapolres Indramayu AKBP SUHERMANTO., SIK., M.Si, di Dampingi Dandim 0616/Indramayu Letkol Czi Aji Sujiwo, S.H,. M.Si, Kejaksaan Negeri Indramayu Douglas Paimo. N, S.H., M.H., Danyon Brimob Subden C Polda Jabar AKBP Puji Prayito SIK, Ketua Pengadilan Negeri agama, Drs Muhidin SH,. MH, Sekda Kab Indramayu, Drs Rinto Waluyo M.Pd, Danrai Tempur Arhanud 14 Cirebon Lettu Arh Aprianur, Ketua BPBD Indramayu Drs Edi Kusdiana

Sementara itu, Plt Bupati Indramayu Taufik Hidayat dalam sambutanya menyatakan, kegiatan Apel Siaga Bencana merupakan poros utama peningkatan partisipasi masyarakat guna menjaga Bumi Wiralodra dari ancaman bencana dan upaya penanggulangan prabencana.

.”Gelar apel siaga bencana ini tonggak peningkatan partisipasi masyarakat dalam menjaga masing-masing wilayah dari ancaman bencana. Selain itu Apel Siaga Bencana ini siklus penanggulangan prabencana dengan bekerjasama dengan Polres, KODIM 0616, Instansi/Kedinasan, BUMD/BUMN dan Forum Pengurangan Risiko Bencana Indramayu dan unsur lainnya,” katanya.

Ia menambahkan, beberapa hari yang lalu sejumlah wilayah di Indramayu diterjang bencana banjir. Hal ini tidak lepas dari bencana yang datang tiba-tiba baik disebabkan faktor manusia maupun takdir alam. Sehingga kata dia, Pemkab Indramayu sampai sat ini akan lebih tetap siaga dan waspada akan datangnya potensi bencana.

“Terkait terjadinya potensi bencana tidak bisa diduga-duga kedatangannya baik ulah manusia atau alam, terlebih potensi bencana di Indramayu selalu dihadapkan akan adanya Banjir Rob, Banjir Bandang dan Angin Puting Beliung. Maka kita harus tetap siaga dan waspada apabila musibah itu benar-benar melanda,” tambahnya.

Ia menghimbau, masyarakat untuk tetap waspada akan timbulnya bencana dan Pemkab Indramayu pun dalam kurun waktu 24 jam siap merespon dan menerima adanya aduan masyarakat melalui Call Centere BPBD Indramayu 081.911.019.911 dan Aplikasi Indramayu All in One.

“Pemkab Indramayu akan siap siaga 24 jam di lapangan maupun menerima adanya laporan timbulnya bencana dari masyarakat baik dari Call Centre BPBD Indramayu atau pun dari Aplikasi Indramayu All in One yang telah dipusatkan di Command Centre Indramayu,” tuturnya.

Dalam kesempatan itu Taufik berharap, kegiatan Apel Siaga Bencana dapat diteruskan dimasing-masing tingkatan wilayah Kabupaten Indramayu, terutama fase kesiapsiagaan atau mitigasi bencana dalam upaya meminimalisir risiko bencana.

“Saya berharap kegiatan serupa dapat dilanjutkan di tingkat kecamatan/desa. Hal ini bertujuan untuk menginisiasi kesiapan semua pihak dalam mengurangi risiko akibat bencana, baik risiko jiwa, harta dan kerusakan lingkungan,” harapnya. (Bd)

Share and Enjoy !

0Shares
0 0
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Facebook comments:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *