Tuntut Terdakwa 2 Bulan Penjara, JPU Cristanto Situmorang Terancam di Laporakan Ke Pengas

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Siantar-lensaperistiwa.com

Cristanto Situmorang, Jaksa Penuntut Umum (JPU)  menuntut 2 bulan penjara terhadap terdakwa kasus pengerusakan aset lahan milik keluarga Dedi Bonardo Saragih di Bukit Indah Simarjarunjung kabupaten Simalungun Sumatera Utara. JPU Cristanto Situmorang yang sebelumnya dalam perkara perusakan tempat wisata Simarjarunjung yang dilakukan oleh Royana Saragih bersama sama dengan Natal Desperio Tampubolon (DPO) serta Roni Krisna Sipayung (DPO) pada hari Jumat tanggal 8 Desember 2017 terbukti melakukan pengerusakan.

Sebelumnnya JPU Cristanto Situmorang menuntut Terdakwa Royana Saragih warga nagori parik sabungan Kecamatan Dolok Pardamean dengan 2 tahun penjara dalam sidang yang diadakan di Pengadilan Negeri Simalungun hari kamis tanggal 9 agustus 2018, Dari surat tuntutan JPU Sepriandi Saragih, SH selaku Kuasa Hukum dari Dedi Bonardo Saragih selaku pemilik aset lahan merasa keberatan atas tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Cristanto Situmorang yang hanya menuntut 2 bulan penjara, sebelumnya pernah dan telah dikabulkan oleh Jaksa Penuntut Umum(JPU) Penangguhan Penahanan saat itu dengan dasar pertimbangan dikenakan pasal 170 KUHPidana.

Menurut Sepriandi Saragih, SH, selaku Kuasa Hukum Dedi Bonardo Saragih pasal yang didakwakan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada sidang tuntutan berbeda, Jaksa Penuntut Umum(JPU) sudah tidak konsekuen dalam melakukan tugasnya dan atas sikapnya yang tidak professional ini dengan mengabaikan Pasal 170 Jo 55, 56 KUHP, hal ini jelas ada penyimpangan hukum yang dilakukan oleh Jaksa Penuntut Umum(JPU).

“Ada apa dengan tuntutan yang hanya 2 bulan,” ujar Sepriandi saat di hubungi melalui telepon selularnya.

Atas sikap dan pasal yang didakwakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) dalam Perkara Perusakan aset lahan milik keluarga Dedi Bonardo Saragih di Bukit Indah Simarjarunjung, Kuasa Hukum Sepriandi Saragih, SH akan melaporkan Jaksa Penuntut Umum (JPU) tersebut ke Jaksa Pengawas baik di tingkat Kejaksaan Tinggi (KEJATI) maupun ditingkat Kejaksaan Agung (KEJAGUNG) Republik Indonesia.

Jaksa Penuntut Umum harus berdasarkan Pasal 30 Undang Undang Nomor 16 Tahun 2004 tentang Kejaksaan Republik Indonesia, berpedoman pada Surat Edaran Jaksa Agung Nomor : SE-001/JA/4/1995 tanggal 27 April 1995 tentang Pedoman Tuntutan Pidana, Selanjutnya dikonsultasikan dengan Kepala Kejaksaan Negeri melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Umum, kalau perlu melalui Assisten Tindak Pidana Umum kepada Kepala Kejaksaan Tinggi dan atau Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum sesuai tingkat pengendalian sebagaimana diatur dalam instruksi Jaksa Agung R.I. Nomor : INS-004/JA/3/1994 tanggal 9 Maret 1994 dan Surat Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Umum Nomor: R-16/E/3/1994 tanggal 11 Maret 1994.”Ungkap Sepriandi.

“Secara filosofis, Kejaksaan , dalam hal ini Penuntut Umum adalah Kuasa negara untuk menegakan ketertiban umum dan juga sebagai representasi dari para korban kejahatan. Sehingga,jika Penuntut Umum mendalilkan dalam dakwaannya bahwa terdakwa bersalah, Penuntut Umum wajib membuktikan dari si terdakwa tersebut.

“Apakah ada syarat mutlak yang diatur dalam peraturan perundang –undangan mengenai sesuainya penerapan pasal antara surat tuntutan dan dakwaan dalam suatu persidangan ? Bagaimana dampak hukumnya apabila tidak ada kesesuaian penggunaan pasal antara tuntutan dan dakwaan?

Bagaimana sikap Kejaksaan Tinggi dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia menyikapi permasalahan ini yang mungkin sering terjadi di setiap daerah? Bagaimana Sikap Kejaksaan Tinggi Negara apa bila dalam kasus ini terbukti ada indikasi kecurangan yang dilakukan Jaksa Penuntut Umum terhadap tuntutan dan dakwaan tersebut!!  (Yossy Ferdian,SH/TB Fahmi)

Share and Enjoy

  • Facebook
  • Twitter
  • Delicious
  • LinkedIn
  • StumbleUpon
  • Add to favorites
  • Email
  • RSS
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

Facebook comments:

1 thought on “Tuntut Terdakwa 2 Bulan Penjara, JPU Cristanto Situmorang Terancam di Laporakan Ke Pengas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *